493 Calon Jemaah Haji Asal Kendal Ikuti Manasik Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melalui Seksi Penyelanggara Haji dan Umrah menyelenggarakan manasik haji pertama tingkat Kabupaten untuk calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tahun 1443 H/2022 M, berlangsung di pendopo Kabupaten Kendal, Senin (23/5).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus mengatakan, calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 2022 ini sebanya 493 yang terdiri dari 465 calon jemaah haji reguler dan petugas (pendamping), serta 28 calon jemaah haji cadangan.

“Karena adanya pembatasan usia maksimal 65 tahun dari Pemerintah Arab Saudi, calon jemaah haji dari Kendal yang akan berangkat tahun ini ada 493 orang, sudah termasuk petugas dan cadangan,” terangnya.

Mahrus menambahkan, segala persiapan telah dilakukan termasuk pemeriksaan berkas persyaratan calon haji. Mulai dari vaksin miningitis, paspor, hingga koper jemaah. Pihaknya juga berharap, pada 2023 dan seterusnya, kuota haji asal Indoneisa bisa kembali normal. Guna memangkas daftar tunggu keberangkatan haji di Indonesia, termasuk Kabupaten Kendal.

“Saat ini, calon haji sudah mulai mengikuti bimbingan manasik haji dari tingkat kabupaten dan akan dilaksanakan juga untuk tingkat  kecamatan. Di tingkat kecamatan, para jemaah haji akan mengikuti bimbingan manasik pada 24-27 Mei,” imbuhnya.

Hadir membuka kegiatan manasik, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berharap semua calon haji bisa mengikuti manasik haji secara maksimal. Sehingga bisa memperoleh arahan dari pembimbing untuk bekal beribadah di Tanah Suci.

“Kami doakan bersama agar semua calon jemaah haji bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, ibadah hajinya lancar, dan kembali ke Kendal dengan selamat,” tutur Bupati Dico.

Bupati juga menghimbau kepada calon jamaah haji, untuk selalu menjaga kesehatan dalam pelaksanaan haji dan selalu bersabar, serta menitip doa kepada calon jamaah haji untuk kemajuan Kabupaten Kendal. Dirinya berharap, semoga seluruh calon jamaah haji dan pendamping saling menjaga kekompakan dan kebersamaan serta saling membantu selama menjalankan ibadah haji di tanah suci. (bel/rf)