75 Pendamping PPH Ikuti Pendalaman Materi Sertifikasi Halal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kamis (11/5/2023), Kantor Kementerian Agama Kota Semarang menggelar Peningkatan Kapasitas Pendamping Proses Produk Halal (PPH) bagi Penyuluh Agama Islam.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Horison Inn Alaska Hotel, yang berlokasi di Jalan Kyai Saleh Nomor 4 Semarang.

Selaku Satgas Halal Kota Semarang, Cholidah Hanum yang juga merupakan Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kankemenag Kota Semarang, dalam laporannya menyampaikan, peserta kegiatan adalah Penyuluh Agama Islam PNS dan nonPNS sebanyak 75 orang.

Ia mengatakan, kegiatan itu merupakan pendalaman manteri bagi Penyuluh selaku Pendamping PPH. “Kegiatan ini merupakan pendalaman materi bagi Pendamping PPH yang telah mengikuti Bimtek pada bulan Februari lalu secara daring dan dinyatakan lulus sebagai Pendamping PPH,” lapor Hanum kepada Kepala Kankemenag Kota Semarang pada pembukaan kegiatan di hadapan peserta dan narasumber yang hadir pada kegiatan tersebut.

Lebih lanjut,  Hanum menjelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan. “Tujuan kegiatan, agar peserta lebih memahami bagaimana cara menginput aplikasi Sihalal,” tuturnya.

Ia berharap, setelah mengikuti kegiatan, para Pendamping PPH ini lebih aktif mendampingi para pelaku usaha guna memperoleh sertifikasi halal. “Pasca kegiatan, diharapkan para Penyuluh dapat aktif mendampingi pelaku usaha dalam mendaftarkan sertifikasi halal melalui jalur selfdeclare,” terangnya.

Anggaran kegiatan tersebut bersumber dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Hanum menerangkan, kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh sebagai Pendamping PPH tersebut dilaksanakan secara serentak se-Jateng dengan rentang waktu antara 10-12 Mei 2023, dan secara teknis pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing Kabupaten/Kota.

Peningkatan Kapasitas Pendamping PPH tersebut menghadirkan narasumber dari LP3H UIN Walisongo Semarang, Joko Budi Pramono, dan Pendamping PPH Walisongo Halal Centre (WHC), Indra Setiawan. (Hanum/Dintha/NBA/bd)