784 Calhaj Ikuti Manasik Haji Tingkat Kabupaten Karanganyar, Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar melaksanakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Karanganyar Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi yang bertempat di Hotel Permatasari, Rabu – Kamis (10-11/5/2023).

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Anggota DPR RI Komisi VIII Paryono, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar, Hanif Anani, Pengurus IPHI Karanganyar, Pengurus Kelompok Bimbingan Haji dan seluruh calon jemaah haji tahun 2023 mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar, Hanif Anani menjelaskan dalam laporannya terdapat 784 jamaah bimbingan manasik yang ikut serta pada periode 2023 ini.

“Alhamdulillah, selamat bapak ibu semua, akhirnya dapat mlengkapi rukun islam yang ke 5, yaitu Ibadah haji.  Sebagai rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memperbanyak ibadah dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT agar nantinya diberikan kelancaran dan keselamatan dari mulai pemberangkatan, pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, hingga kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur dan Bagi calon jemaah haji agar selalu menanamkan hal-hal baik di lingkungan sekitar  dan juga selalu menjaga kesehatan. Hal ini dikarenakan  saat pergi haji membutuhkan fisik yang kuat, kalo 874 jamaah sehat semua insya Allah ibadah haji bisa maksimal,” tuturnya.

Penyelengaraan Ibadah Haji tahun 2023 dari segala proses yang ditempuh oleh calon jemaah haji nantinya agar dapat diberikan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaanya. Tidak berhenti di situ, Bupati juga berpesan kepada calon jemaah haji agar mempersiapkan mental, pikiran dan jiwa untuk kembali kepada Allah SWT dengan pasrah dan sebenar benarnya, dimana hal tersebut menjadi esensi dan hakikat dari keberadaan manusia, kembali kepada sang penciptanya.

“Di situlah bapak, ibu sekalian, mari dengan penuh ketulusan, dengan penuh niat betul-betul untuk kembali kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya kembali. Semoga kita semua dengan demikian menyadari tidak ada sesuatupun selain Allah SWT, maka kembali nanti kita sudah menjadi orang-orang yang mabrur dan mabruroh, amin,” pungkas Hhanani.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam sambutannya menyampaikan, selamat kepada calon jemaah haji tahun 2023 dari Kabupaten Karanganyar yang terpilih oleh Allah SWT untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah.

“Semoga perjalanan bapak, ibu sekalian menuju tanah suci, melaksanakan ibadah wajib dan sunnahnya sampai kembali ke tanah air nanti, semuanya bisa berjalan dengan lancar, sehat, barokah dan pulang menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, amin,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan Pemkab Karanganyar juga menerjunkan 4 petugas yang nantinya akan membantu kesulitan dan memenuhi kebutuhan calon jemaah haji, yang mana calon jemaah haji di Kabupten Temanggung pada tahun 2023 ini dipenuhi dengan lansia.

“Selamat menunaikan ibadah haji, semoga semuanya diberikan kelancaran. Jangan lupa di tanah suci nanti, di semua tempat-tempat yang mustajab,“ pungkasnya.(ida/Sua)