91 Komunitas Balon Meriahkan Pekalongan Balloon Festival 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) setempat bekerjasama dengan Airnav dan Komunitas Sedulur Balon Pekalongan kembali menggelar Pekalongan Balloon Festival 2023 pada momentum Perayaan Syawalan atau H+7 lebaran Idul Fitri 2023 yakni di tanggal 29 April 2023. Setelah dibuka pendaftaran peserta festival balon tambat, tercatat ada 91 komunitas balon dari dalam kota maupun luar Kota Pekalongan yang meramaikan event tahunan tersebut. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, M Sahlan melalui Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Retno Purnomo saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (26/4/2023).

“Tahun ini, berdasarkan update record pendaftaran secara online, Alhamdulillah untuk jumlah peserta yang sudah masuk ke kami ada 91 komunitas balon mendaftar Pekalongan Balloon Festival 2023,” ujar pria yang akrab disapa Ipung tersebut.

Ipung menilai, jumlah peserta tersebut jauh lebih banyak dibandingkan jumlah peserta Pekalongan Balloon Festival 2022 sebanyak 32 komunitas/tim. Pihaknya menyebutkan, untuk tiap tim peserta terdiri dari 7 orang. Dimana, masing-masing tim sudah diminta membuat komitmen bermaterai agar balon tersebut tidak dilepasliarkan dan harus menggunakan perapian ramah lingkungan serta wajib menjaga kebersihan lingkungan.

“Pekalongan Balloon Festival 2023 digelar tanggal 29 April 2023 di Stadion Hoegeng Pekalongan secara gratis mulai pukul 05.30 WIB. Diharapkan, pukul 05.00 WIB peserta sudah mulai kumpul di lokasi dan sudah dipersiapkan semuanya baik itu alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat balon hias tambat ini,” terangnya.

Lanjutnya, pada malam hari Syawalannya, Dinparbudpora juga menyelenggarakan acara Malam Apresiasi  Pekalongan Balloon Festival 2023 di Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana Pekalongan yang dimeriahkan hiburan dari special perform Hendra Kumbara dan DJ Viky Melody dengan Harga Tiket Masuk (HTM) sebesar Rp25 ribu.

“Alat dan bahan dari peserta, kami sebagai panitia juga sedikit membantu fasilitasi peralatan seperti bambu, tali, landasan perapian agar tidak merusak stadion dan ada sejumlah bantuan maupun bingkisan ke tim peserta,” jelasnya.

Ipung menambahkan, pemenang Pekalongan Balloon Festival 2023 diambil 6 besar tim terbaik. Syarat balon yang diperlombakan ini harus ditambatkan dengan tali maksimal 150 meter, diameter balon maksimum 4 meter, tinggi balon maksimum 7 meter dan ada penanda tali balon.

“Ada beberapa kriteria penilaian pemenang lomba festival balon tambat ini yakni dilihat dari segi estetika/keindahan balon, penerbangan balon secara aman, menggunakan tungku ramah lingkungan dan kebersihan, kekompakan/kerjasama tim, kesesuaian dengan tema dan peraturan. InshaAllah festival balon tambat tahun 2023 ini bisa lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. (TIM KP PEMKOT/ANT/bd).