Akhmad Fauzin: Haji Indonesia: Mabrur, Sehat, Barokah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali – Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin, menyampaikan Siara Pers nya di Embarkasi/Debarkasi Solo, Minggu, 14 Agustus 2022.

Memasuki hari ke-72 operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022M, jumlah Jemaah Haji yang telah tiba di tanah air sebanyak 93.505 orang.

“Kemarin sudah dipulangkan 3 kloter terakhir ke 2 Debarkasi yaitu, BPN (Balikpapan) dan SOC (Solo), sebanyak 830 orang dengan rincian BPN: 1 kloter, dengan jumlah jemaah dan petugas 110 orang; dan SOC: 2 kloter, dengan jumlah jemaah dan petugas 720 orang,” jelas Akhmad Fauzin.

Disampaikannya kondisi cuaca di Madinah 430C, dan Pemerintah tetap menghimbau kepada Jemaah haji Indonesia, jangan menunggu haus untuk minum, tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan baik di  tempat akomodasi atau hotel jemaah,  di Masjid Nabawi dan di bandara kepulangan. 

“Terkait data jemaah sakit ada sebanyak sebelas orang, 10 orang dirawat di RSAS, dan 1 lainnya dirawat di KKHI. Sedangkan Jemaah wafat hari ini sebanyak 89 orang,” tandasnya.

Dengan demikian seluruh Jemaah Haji Indonesia musim haji tahun 1443 Hijriyah/2022 Masehi seluruhnya insyaAllah hari ini tanggal 14 Agustus 2022 telah sampai di tanah air.

1.     Embarkasi Banjarmasin, sebanyak 7 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 2.504 orang;

2.     Embarkasi Balikpapan, sebanyak 8 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 2.620 orang;

3.     Embarkasi Batam, sebanyak 12 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 5.385 orang;

4.     Embarkasi Aceh, sebanyak 6 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 2.018 orang;

5.     Embarkasi Jakarta Garuda Pondokgede, sebanyak 29 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 11.212 orang;

6.     Embarkasi Jakarta Saudia Bekasi, sebanyak 44 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 17.839 orang;

7.     Embarkasi Lombok, sebanyak 6 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 2.063 orang;

8.     Embarkasi Medan, sebanyak 10 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 3.795 orang;

9.     Embarkasi Padang, sebanyak 8 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 2.884 orang;

10.   Embarkasi Palembang, sebanyak 9 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 3.720 orang;

11.   Emabrkasi Solo, sebanyak 44 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 15.431 orang;

12.   Embarkasi Surabaya, sebanyak 38 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 16.810 orang; dan

13. Embarkasi Ujungpandang, sebanyak 19 kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 7.224 orang.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini pemerintah perlu menyampaikan beberapa hal di antaranya sebagai berikut:

  • Tanggal 15 Agustus akan dipulangkan Petugas Penyelengga Ibadah Haji Arab Saudi yang bertugas di Daerah kerja Bandara dan Daerah Kerja Madinah.
  • Berikutnya menyusul akan dipulangkan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji yang bertugas di Kantor Urusan Haji Jeddah Arab Saudi secara berangsur-angsur dan terakhir tanggal 20 Agustus 2022.
  • Mengingat saat ini masih terdapat jemaah sakit yang belum dapat dipulangkan, pemerintah tetap akan melakukan visitasi dan pendampingan melalui Kantor Urusan Haji Jeddah sampai jemaah dapat dipulangkan seluruhnya ke tanah air.
  • Pemerintah memastikan seluruh biaya jemaah sakit dijamin oleh pemerintah.
  • Kepada keluarga jemaah yang sakit dapat menanyakan dan memantau kondisi jemaah melalui Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten dan Kantor Kementerian Wilyah Provinsi masing-masing,” jelas Fauzin

Dirjen PHU mengajak kita semua untuk mendoakan agar jemaah sakit segera diberikan kesembuhan dan segera dapat dipulangkan ke tempat domisilinya masing-masing.

“Mari tetap bahu membahu bersama dengan Pemerintah dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan terbaik kepada Jemaah Haji. Semoga akhir penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tetap dapat berjalan dengan lancar sampai dengan seluruh jemaah dapat dipulangkan ke tanah air,” ucapnya.(Sua/Rf)