Apel Penghormatan Bendera Sebagai Momentum yang Sarat Makna Kebangsaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo (Humas) – Setiap tanggal 17 merupakan momentum yang sarat dengan makna kebangsaan, dimana seluruh ASN pada instansi pemerintah termasuk Kankemenag Kab. Wonosobo menggelar kegiatan rutin yaitu apel penghormatan Bendera sebagai bentuk komitmen kebangsaan dan cinta tanah air. 

Apel penghormatan bendera oleh Kankemenag Kab. Wonosobo diselenggarakan di halaman Kankemenag setempat, pada hari Rabu (17-04-2024) padi tadi, diikuti oleh seluruh ASN. Sementara bertindak sebagai pembina apel yaitu Kasi penyelenggara Zakat Wakaf (Zawa).

Dalam amanat pembina apel, H. Hasyim, menyerukan semangat cinta tanah air dan mengajak seluruhnya untuk menjunjung tinggi nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui apel penghormatan bendera ini, kita tidak hanya menghormati negara kita, tetapi juga menghormati nilai-nilai yang kita anut dan perjuangan yang telah membentuk bangsa kita. Nilai yang terkadung dalam Pancasila harus kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila juga menjadi acuan bagi pemerintahan, pembangunan sosial, hukum, dan kehidupan masyarakat Indonesia secara umum,” kata Hasyim.

Lebih lanjut Hasyim sampaikan bahwa ASN memiliki peran sentral sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan. ASN juga harus bersikap profesional dan bebas dari intervensi politik.

“Acara ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan, serta memupuk nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas di dalam lingkungan kerja. Semangat patriotisme dan bebas dari intervensi politik adalah salah satu hal yang harus dimiliki ASN,” tandasnya.

Apel ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh H. Muhamad Fakih Khusni.(PS-WS/Sua)