081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Api Unggun Semarakkan Persami MTsN 4 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Api unggun turut menyemarakkan perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di MTsN 4 Banjarnegara pada Sabtu malam (21/5) yang berlangsung di halaman madrasah. Acara api unggun diikuti oleh semua peserta Persami yang diselenggarakan pada tanggal 21-22 Mei 2022. Acara api unggun diisi dan dimeriahkan dengan pentas seni yang dibawakan oleh para Pramuka anggota Dewan Penggalang dan Calon Dewan Penggalang.

Prosesi acara api unggun yang dimulai pukul 20.00 WIB, diawali dengan pembacaan sekapur sirih oleh salah satu anggota Dewan Penggalang yaitu Regita Nayla Pratama. Selanjutnya pemimpin upacara memasuki arena api unggun. Bertindak sebagai pemimpin adalah Dani. Kemudian dilanjutkan laporan pemimpin upacara, dan saling hormat. Pembina upacara prosesi api unggun adalah Farid Alfarisi.

Dalam sambutannya pembina upacara menyampaikan bahwa api unggun adalah sebagai pemantik pembentuk jiwa patriot dan kesatria, untuk mendharmakan Tri Satya dan Dasa Dharma, sehingga menjadi insan yang berakhlak mulia dan juara, sesuai slogan madrasah yaitu “membara”.  

“Dengan api unggun, akan mempererat persaudaraan, memupuk kerjasama, juga menambah keberanian, itulah pendidikan yang diajarkan dalam Pramuka,” ujar Farid Alfarisi, pembina upacara.

Selesai amanat pembina upacara, dibacakan doa, lalu acara puncak yaitu penyalaan api unggun oleh pembina upacara. Selanjutnya adalah penampilan berupa pentas Dewan Penggalang dan Calon Dewan Penggalang, meliputi puisi berantai, dance semaphore , dan lain-lain.

Para peserta dan pembina serta pembantu pembina Pramuka sangat antusias mengikuti acara api unggun malam itu. Acara berlangsung lancar dan sukses, karena kebetulan cuaca malam itu juga sangat mendukung. Usai api unggun, para peserta Persami kembali ke pangkalan masing-masing untuk beristirahat tidur sejenak, karena pada tengah malam sekitar pukul 01.00 WIB akan dilakukan kegiatan jurit malam.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, acara api unggun berlangsung lancar dan sukses, kebetulan cuaca bagus dan mendukung, tidak hujan,” ujar Halimatus Sadiyah, Pembina Pramuka MTsN 4 Banjarnegara. (khm/ak/rf)