081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Pesan Pembimbing Siswa Kelas Riset Madtsansa: Harus Mau Dipaksa Supaya Terbiasa Meneliti

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Jelang Penilaian Akhir Tahun (PAT) siswa kelas riset MTs Negeri 1 Banjarnegara semakin gencar menyelesaikan proposal penelitian. Proposal penelitian ini merupakan syarat kenaikan kelas siswa kelas riset MTs Negeri 1 Banjarnegara. Seperti sudah diketahui bahwa kelas riset ini merupakan salah satu kelas unggulan di MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Di kelas riset ini, siswa dibimbing untuk bisa menjadi peneliti muda. Untuk menjadi peneliti siswa harus dibimbing melaksanakan penelitian sesuai arahan pembimbing masing-masing. Penyusuan proposal penelitian ini dikerjakan secara berkelompok dengan anggota kelompok dua siswa. Masing-masing kelompok dibimbing oleh satu orang guru.

Sebagai persyaratan kenaikan kelas proposal harus selesai sampai bab 3 yaitu bab metode penelitian. Laeli dan Uswatun, kelompok riset yang dibimbing oleh Farida gencar menyelesaikan proposal pada Sabtu (21/5) di laboratorium komputer MTs Negeri 1 Banjarnegara.

“Pokoknya kami harus selesai menyelesaikan proposal penelitian ini supaya kami bisa naik kelas. Kami harus telaten mulai dari mencari referensi, membaca jurnal, menuangkan isi jurnal ke penelitian kami, dan masih banyak lagi. Menjadi peneliti ya harus telaten dan tekun. Ini pesan Bu Tri Widayati kepada kami.” ujar Laeli.

Nilai moral dalam buku fabel menjadi topik penelitian Laeli dan Uswatun. Untuk menemukan nilai moral dalam kumpulan cerita fabel juga dibutuhkan ketekunan dan ketelatenan. Farida, pembimbing riset Uswatun dan Laeli berpesan supaya dua anak didiknya ini harus berjuang lebih keras setelah kenaikan kelas.

“Ini baru awal penelitian. Inti dari penelitian dimulai setelah siswa kelas riset kenaikan kelas. Setelah kenaikan kelas siswa harus melaksanakan penelitian yang sesungguhnya. Yang namanya penelitian itu harus mau dipaksa dulu supaya terbiasa meneliti.” jelas Farida. (rin/ak/rf)