Arif Yudha Himwawan Pantau Pelaksanaan Asesmen Madrasah di MI Al Iman Kota Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Magelang, Arif Yudha Himawan pantau  pelaskanaan Asesmen Madrasah (AM) di MI Al Iman Jalan tantara Genie Pelajar Tuguran Potrobangsan Magelang, (Senin, 8/5).

Kunjungan tersebut untuk memantau langsung  pelaksanaan asesmen madrasah serta memberikan motivasi kepada pihak madrasah terutama para guru guna memastikan bahwa pelayanan pendidikan dilaksanakan dengan baik. Guru-guru mampu menyusun asesmen berbasis literasi sebagaimana yang sudah diperjuangkan oleh komponen dua melalui AKMI.

“Harapan saya para guru di MI Al Iman bisa memeprtahankan jenis soal yang berbasis literasi. Soalnya saya pantau sudah sesuai dengan POS AM, soal-soalnya menggunakan stimulus dan meliputi berbagai level. Saya minta kepala madrasah terus mendampingi guru dalam menyusun soal, agar para siswa terbiasa dengan literasi sehingga mereka akan belajar sungguh – sungguh dan selalu siap mengadapi setiap asesmen. Dengan demikian, fungsi pelayanan pendidikan di madrasah dapat berjalan dengan baik,” harap Arif Yudha.

Lilik Fatkhu Diniyah, kepala MI Al Iman menyampaikan bahwa dirinya berbangga atas kunjungan Kasi Penmad tersebut serta mengungkapkan rasa terimakasihnya.

”Saya selaku kepala madrasah bersama guru-guru berterima kasih atas kunjungan bapak Kasi yang begitu ramah, karena selain berkunjung bapak Kasi juga memberikan motivasi bagi kami para guru agar mampu  mengembang amanah dengan istikamah,” ungkap Lilik.

Lilik juga sangat berharap hasil dari pelaksanaan asesmen madrasah ini mampu mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai standar kompetensi lulusan pada akhir jenjang pendidikan MI.

Selain itu, juga berfungsi sebagai umpan balik bagi madrasah untuk kepentingan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan di waktu berikutnya, serta untuk memenuhi salah satu syarat penentuan kelulusan. (Lilikfathu/Hari/rf).