ASN Kemenag Diimbau Bijak dan Tanggung Jawab Gunakan Hak Pilih

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Dalam pembukaan Rakernas Bimas Islam Kemenag RI 2023, Wamenag, Zainudin Tauhid, dalam sambutannya menyampaikan pesan deklarasi damai umat beragama yang bertujuan memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan sebagai anugerah terbesar bangsa Indonesia.

“Dalam sambutannya, Wamenag menandaskan agar rumah ibadah tidak dimungkinkan sebagai kegiatan politik praktik. Beliau juga mengimbau agar ASN Kemenag mengawal demokrasi yang bermartabat, menggunakan hak pilih secara bebas dan bertanggung jawab,” ujar Cholidah Hanum, Gara Zawa Kankemenag Kota Semarang yang mengikuti kegiatan tersebut secara daring, sebagai tindak lanjut surat dari Dirjen Bimas Islam.

“Wamenag mengatakan, Pemilu hanya 5 tahunan, tetapi persaudaraan selamanya, sehingga Beliau berpesan, jangan sampai mengorbankan persaudaraan. Menurut Beliau, ukhuwah dan persaudaraan sangat penting bagi bangsa Indonesia, serta menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan kelompok,” imbuhnya.

Hanum menuturkan, Rakernas dilaksanakan selama 3 hari (13-15 Februari 2023), secara luring dari Mercure Convention Centre Ancol, dan daring melalui zoom meeting.

Secara luring, kegiatan dihadiri oleh Dirjen Bimas Islam beserta jajarannya, Kakanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia, Kabid pada Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia, dan peserta lainnya.

Dengan Rakernas, diharapkan akan mendorong Bimas Islam terus bergerak dengan inovasi dan idealitas demi masa depan bangsa dan negara.

Pembukaan Rakernas Dirjen Bimas Islam ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wamenag.(Hanum/NBA/bd)