Awal Tahun Museum Batik Banyak Kunjungan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Awal tahun 2023, Museum Batik Pekalongan mulai dibanjiri pengunjung dari Kota Pekalongan maupun wisatawan dari luar daerah, mayoritas pengunjung dari kalangan pelajar. Energi positif ini diharapkan sampai dengan sepanjang tahun ini.

Hal ini diungkapkan Kepala UPTD Museum Batik Pekalongan, Ahmad Asror saat ditemui di Museum Batik, Rabu (18/1/2023).

“Alhamdulillah awal tahun ini kami mengadakan pelayanan pelajar, kami membuat pelatihan batik dengan segmentasi pelajar. Dari luar Kota Pekalongan banyak yang kunjungan sekaligus ikut pelatihan mulai TK sampai tingkat menengah,” terang Asror.

Disebutkan Asror, pengunjung diajarkan salah satu teknik memberikan di Kota Pekalongan yakni dengan nyolet dan mewarnai kain.

“Peserta banyak yang tertarik mencoba, kalau melihat yang pengunjung dari luar Kota Pekalongan ini merupakan hal baru jadi mereka dapat pengetahuan baru mengenai batik, teknik batik, dan sebagainya sehingga antusias mengikuti,” kata Asror.

Terkait koleksi di ruang pamer disampaikan Asror bahwa masih ada batik milik praktisi yang ikut dipamerkan, setelah ini Museum Batik akan kerjasama untuk memamerkan Batik karya para pelajar dan mahasiswa.

“Tahun lalu capaian hingga akhir tahun tercapai 113% atau Rp116 juta dari target Rp103 juta. Semoga kunjungan di Museum Batik semakin meningkat, awal tahun ini menjadi energi positif, apalagi sekarang sudah tidak PPKM sehingga aktivitas bisa normal,” tukas Asror. (TIM/ANT/bd).