Bahaya Gadget dan Bulliying, MI Baitul Huda Gelar Kegiatan Parenting

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Sabtu (17/9/2022) MI Baitul Huda mengadakan kegiatan parenting dengan mengusung tema Bahaya Penggunaan Gadget Terlalu Dini pada Anak-Anak dan Bullying.

Kegiatan yang digelar di Masjid Baitul Huda yang berlokasi di madrasah setempat, dijadikan ajang silaturahmi pula bagi orang tua dan guru (SOG).

Kegiatan tersebut diikuti oleh wali murid dan wali kelas III dan IV, berjumlah kurang lebih 110 peserta.

Acara diawali dengan penyampaian materi oleh Wiwik Sugiatmi yang merupakan konselor PKBI Kota Semarang. Materi pertama yang dipaparkan yaitu tentang cara mencegah anak agar tidak kecanduan gadget serta dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada anak, sedangkan materi kedua yaitu bullying, dimulai dari penjelasan tentang apa itu bullying, macam-macam bullying, faktor penyebab terjadinya tindakan bullying, dan bagaimana cara mengatasi tindakan bullying.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Madrasah, Nurul Lailis Sa’adah. Dalam sambutannya ia menuturkan, tujuan parenting dan SOG untuk meningkatkan kerja sama madrasah dengan orang tua dalam mendidik anak-anak, selain itu juga untuk mempererat silaturahmi antara orang tua murid dengan guru. “Keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak, dan madrasah merupakan rumah kedua bagi siswa, untuk itu diperlukan kerja sama dan dukungan dari orang tua, guru dan madrasah dalam upaya mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlakul karimah,” tuturnya.

“Harapannya, melalui kegiatan ini masing-masing pihak mengambil perannya sehingga kedepannya tidak ada pihak yang saling menyalahkan, karena mendidik adalah tanggung jawab bersama,” tandasnya.

Dalam pertemuan tersebut, wali murid tidak hanya diberikan kesempatan bertanya tentang pemaparan materi yamg disampaikan, tetapi juga menjadi ajang diskusi dengan wali kelas dan madrasah. Mereka pun memberikan masukan, hal apa saja yang perlu dilakuukan atau ditingkatkan dalam upaya mewujudkan pendidikan yang berkualitas.(Atun/NB0A/bd)