Peduli Lingkungan, MIN 2 Rembang Luncurkan Gerakan Sapu Lidi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 2 Rembang – MIN 2 Rembang meluncurkan gerakan SAPU LIDI (Sabtu Sedekah Sampah Ubah Lingkungan Jadi Indah) pada hari Sabtu (17/9/2022). Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman madrasah.

Seluruh siswa mengikuti kegiatan tersebut dengan melaksanakan upacara terlebih dahulu, dilanjut dengan acara pembukaan gerakan SAPU LIDI, makan bekal bersama dan diakhiri dengan kegiatan kerja bakti di lingkungan madrasah.

Kepala MIN 2 Rembang, Badrudin mengatakan, kegiatan SAPU LIDI ini untuk mendukung gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah. Kegiatan SAPU LIDI ini sering juga disebut sebagai gerakan sedekah sampah. Beberapa jenis sampah yang dapat disedekahkan diantaranya kaleng, galon, kardus, botol plastik, botol kaca dan lain sebagainya.

Siswa siswi sangat antusias dengan adanya kegiatan SAPU LIDI. Mereka dengan penuh semangat menyedekahkan sampah dari rumah ataupun dari madrasah yang dapat didaur ulang.

Badrudin mengatakan gerakan SAPU LIDI ini bertujuan untuk membiasakan siswa siswi dalam menjaga kebersihan. Salah satunya yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah sesuai jenisnya dan menyedekahkan sampah yang dapat didaur ulang. Gerakan ini juga untuk mengantisipasi permasalahan sampah yang kian hari kian tidak terselesaikan. Menurut Badrudin, permasalahan sampah perlu ditangani sejak dini, salah satunya memberikan edukasi kepada siswa-siswi akan pentingnya mengelola sampah.

“Dengan gerakan SAPU LIDI ini semoga dapat membiasakan siswa siswi dalam peduli dan  berbudaya lingkungan hidup di madrasah,” jelasnya. – tyas/iq/rf