Bangkitkan Motivasi Belajar Siswa, SMA At Thohiriyyah Hadirkan Akademisi dari Luar Negeri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Tahun ajaran baru merupakan sebuah momentum penting dalam kehidupan setiap siswa, terlebih bagi peserta didik yang baru saja memasuki jenjang pada pendidikan tersebut. Guna membantu siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, SMA At Thohiriyyah Semarang mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama sepekan pertama.

Kepala SMA At Thohiriyyah  menuturkan, MPLS dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan siswa baru dengan berbagai aspek penting dalam kehidupan di lingkungan sekolah. Hal ini diungkapkannya disela-sela kegiatan Pembukaan MPLS yang digelar di kampusnya, Selasa (18/7/2023).

Menariknya, dalam MPLS tersebut, SMA At Thohiriyyah berkerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri, dengan tujuan untuk memotivasi peserta didik dalam meraih kesuksesan dalam pendidikan dan studi lanjut ke perguruan tinggi luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Mohammad Abdila selaku narasumber dari International Islamic University Malaysia yang menyampaikan materinya dengan menggunakan Bahasa Arab mengatakan, pentingnya belajar. Menurutnya, tholabul ilmi adalah sebuah proses dan upaya dalam mencari dan meneliti, yang terus menerus dilakukan untuk memperoleh pengetahuan dan informasi, serta memperluas cakrawala pengetahuan individu, seta merupakan praktik yang mendorong terciptanya ekplorasi  dan memahami dunia dengan cara yang lebih detail, dan dapat meningkatkan pemahaman, kesadaran dan kemampuan intlektual individu.

Pada bagian selanjutnya, Mohammad Abdila yang berasal dari Ethiopia dan telah tinggal di Arab Saudi itu, menjelaskan beberapa manfaat mencari ilmu seperti, tingginya kedudukan ilmu di dunia dan di akhirat sebagaimana dalam surah Almujadilah ayat 11, ilmu mampu meningkatkan kepercayaan diri, ilmu dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi masyarakat,  serta dengan ilmu seseorang akan bisa meningkatkan peluang kesuksesan baik secara pribadi dan professional.

Selain itu, hadir pula Assoc.Prof.Dr. Ong Argo Viktoria dari Chulalangkorn University Thailand, yang juga memberikan motivasi atau kiat meraih kesuksesan yaitu, pentingnya menjaga keseimbangan ruhaniah spiritual melalui doa, ikhtiar atau latihan dan belajar keras  dalam jangka waktu yang lama, tidak hanya sekedar teori tetapi pentingnya praktik, relasi dan komunikasi yang baik dengan keluarga, teman, dan rekanan, serta restu orang tua.

Sebelum mengakhiri  materinya, Mr.Ong berpesan kepada peserta MPLS agar selalu berdoa dan berusaha. “Beliau menyampaikan pesan kepada peserta didik SMA At Thohiriyyyah, bahwa masa depan kita tergantung dari upaya diri sendiri melalui ikhtiar dan doa, serta pentingnya restu orang tua. Untuk itu, anak-anak dipesankan untuk tidak berhenti belajar dan berperilaku baik,” ungkap Guru Pendidikan Agama Islam setempat.(faojin/NBA/bd)