MTsN 4 Rembang Gelar Pembukaan Matsama Tahun Ajaran 2023/2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Mengawali tahun pelajaran 2023/2024, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Rembang menggelar pembukaan Masa Ta’aruf siswa Madrasah (Matsama) pada Senin (17/7).

Pembukaan Matsama dilaksanakan di lapangan upacara yang dipimpin oleh Kepala Madrasah MTsN 4 Rembang, H. Teguh Santosa. Pembukaan Matsama diikuti oleh seluruh warga madrasah, termasuk peserta didik baru yang berjumlah 231 siswa. Dalam sambutannya kepada para peserta didik baru, Teguh mengucapkan selamat bergabung menjadi keluarga besar MTsN 4 Rembang.

“Kepada para peserta didik baru saya mengucapkan selamat bergabung menjadi keluarga besar MTsN 4 Rembang. Saya mengharapkan kalian cepat beradaptasi dengan lingkungan dan sistem pembelajaran yang ada di MTsN 4 Rembang,” pesanya saat memberikan sambutan. Saya juga mengucapkan terima kasih karena kalian telah memilih MTsN 4 Rembang sebagai jenjang untuk melanjutkan pendidikan. Semoga dengan ini, kalian dapat meraih prestasi bersama MTsN 4 Rembang,” lanjutnya.

Setelah upacara pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan di dalam ruangan kelas masing-masing yang terbagi dalam tujuh kelas untuk mengikuti beberapa agenda penyampaian materi. Di antaranyamoderasi beragama, pengenalan lingkungan madrasah, tata tertib, nilai dan norma, komitmen kebangsaan, pola hidup bersih, orientasi ibadah dan KBM, anti kekerasan, serta pengenalan kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan.

Ketua panitia Matsama, Sri Ningsih, ketika diwawancai mengungkapkan dengan diadakannya Matsama ini antara lain; membantu siswa mengenal lingkungan pendidikan madrasah, mendorong siswa untuk proaktif, dan memotivasi para peserta didik baru agar bangga dengan madrasah pilihannya sehingga peserta didik baru nantinya dapat berkontribusi positif bagi pengembangan pendidikan di madrasah.

“Untuk peserta Matsama, Alhamdulillah anak-anaknya sangat antusias dan mengikuti peraturan yang telah ditentukan.” lanjutnya.

Kegiatan Matsama ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada tanggal 17, 18, dan 20 Juli 2023. (eh/iq/rf)