Banyak Talenta, Ma Al Fatah Banjarnegara Menuai Banyak Prestasi Di Ajang Madrasah Fest 2023 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Prestasi membanggakan diraih MA Al Fatah Banjarnegara dalam ajang Madrasah Fest 2023 Banjarnegara. Sebelumnya para siswa telah melakukan latihan di lingkungan MA Al Fatah sebagai upaya persiapan mengikuti Madrasah Fest 2023 Banjarnegara. Madrasah Fest 2023 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI yang bertujuan membumikan dan memperkuat nilai-nilai keagamaan yang menjadi ciri khas madrasah untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab melalui kegiatan festival keagamaan madrasah.

Madrasah Fest 2023 Banjarnegara terlaksana pada Sabtu (1/6) di MAN 2 Banjarnegara, diawali dengan upacara pembukaan dilanjutkan pelaksanaan perlombaan dan pengumuman kejuaraan. Terdapat dua jenis perlombaan, yang pertama lomba keagamaan dengan kategori lomba Memorizing Holy Qur’an (MHQ), Reciting Holy Qur’an (RHQ), Explaining Holy Qur’an (EHQ), Memorizing Hadist (MH), Reading Islamic Turats (RIT), dan Islamic Trending Issues Debate Contest. Kedua, lomba Festival dengan kategori lomba Voice of Arabic, Student Chef, Calligraphy Fest dan Creative Design Fest.

Sembilan kejuaraan sukses diraih MA Al Fatah Banjarnegara pada Madrasah Fest 2023 Banjarnegara. Diantaranya yaitu, juara 1 Calligraphy Fest, juara 1 RHQ putri, juara 1 MHQ 30 juz, juara 1 MHQ 20 juz, juara 1 Voice of Arabic putra, juara 1 EHQ, juara 2 MH, juara 2 RHQ Putra, dan juara 3 Voice of Arabic Putri. Prestasi tersebut selaras dengan hadirnya MA Al Fatah Banjarnegara sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memiliki semangat menyuarakan pendidikan agama yang moderat serta mendukung adanya upaya menolak persemaian bibit radikalisme dalam dunia pendidikan.

Kepala MA Al Fatah Banjarnegara mengutarakan bahwa prestasi tersebut patut untuk disyukuri dan dijadikan motivasi. “Alhamdulillah siswa kami dapat menyumbangkan banyak prestasi untuk madrasah dan kabupaten. Diharapkan prestasi yang diraih dapat memberikan motivasi bagi para siswa lainnya untuk semakin semangat dalam berprestasi di berbagai ajang perlombaan. Doakan untuk mereka para juara satu yang akan berjuang kembali di tingkat provinsi” ungkapnya.

Musonif selaku koordinator pembina menyampaikan terimakasih kepada semua pihak. “Terimakasih kepada seluruh pembina, peserta lomba, siswa yang mendukung dan bapak ibu guru yang telah mendoakan. Usaha yang telah dilakukan tentu akan memberikan hasil. Semoga kami mampu berprestasi kembali di tingkat provinsi” pungkasnya.(dw/rf)