Begini Cara Unik MTsN 5 Rembang Bagi Rapor Tengah Semester

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print


MTsN 5 Rembang — Pagi yang penuh keberkahan matahari bersinar begitu terangnya memperkuat semangat siswa/siswi MTsN 5 Rembang dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran di madrasah. Kebetulan di hari Selasa (12/10/22) ini madrasah menjadwalkan sebagai hari pengambilan rapor tengah semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023.

Sebelum acara dimulai pada pukul 08.00 WIB, wali kelas mempersiapkan rapor dan ditata di meja yang telah disediakan panitia untuk pengambilan rapor. Ada yang berbeda dalam pengambilan rapor kali ini. Rapor dibagikan dengan sistem drive thru, yaitu orang tua atau wali murid datang langsung bisa mengambil rapor yang telah disediakan di meja dengan di dampingi wali kelasnya.

Biasanya, orang tua bisa mengambil rapor tersebut di wali kelasnya, akan tetapi ada juga siswa/siswi yang mempunyai catatan-catatan kususus dapat mengambil rapor dengan didampingi kesiswaan dan guru BK. “Madrasah merasa perlu membagikan rapor ujian mid semester ganjil kali ini dikarenakan menurunnya semangat siswa/siswi saat menerima pembelajaran,” ungkap Asyrofi selaku wakil kepala bidang kurikulum.
“Banyaknya pengaruh dari luar yang di dapatkan dari HP Android saat ini menjadi pengaruh kuat yang membuat siswa/siswi menjadi malas dalam belajar,” jelas Asyrofi.

Pembagian rapor memang sangatlah penting agar siswa/siswi dapat mengukur kemampuannya dan orang tua pun juga tahu hasil yang dicapai putra putrinya. Dengan pembagian rapor tengah semester ganjil, diharapkan siswa/siswi dapat lebih semangat lagi dalam berprestasi.
Suka duka, serta kekompakan pun terjalin dengan semangat dan rasa penuh tanggung jawab dari wali kelas. Perasaan tanggung jawab menjadi pengganti dari orang tua pun mendorong wali kelas untuk semangat mendidik dan membimbing putra/putrinya saat di madrasah. Dan di sini menunjukkan juga keberhasilan wali kelas untuk membimbing, mendidik dan mengarahkan siswa siswi saat berada di madrasah.

“Kami sudah berusaha semaksimal mungkin, sekuat tenaga untuk mendidik, membimbing serta mengarahkan anak-anak kami, tapi apaboleh buat semua itu kembali pada anak masing-masing yang nantinya akan mewarnai nilai-nilai mereka,” ujar Ijtihadi selaku wali kelas.

Dukungan Guru

Warsan selaku kepala madrasah menyampaikan apresiasi yang luar biasa serta dedikasi dari semua pihak akhirnya semua guru-guru dapat menyelesaikan penginputan nilai dengan sukses. Walaupun masih ada kekurangan-kekurangan harap di maklumi karena waktu jua yang singkat.
“Tanpa usaha dan dedikasi yang tinggi serta kekompakan guru-guru, madrasah ini bukan apa-apa, dengan semangat dan tanggung jawab kita jadikan Madrasah Hebat Bermartabat,”tegas Warsan_ Habibie/iq/rf