Bekali Siswa, Mimau Ikuti Pelatihan Dokcil

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pelatihan Dokter Kecil yang diadakan oleh Panitia yang bekerja sama dengan Puskesmas setempat berjalan dengan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Korwilcam Banjarnegara dengan jumlah peserta Dokcil sebanyak 41 peserta dari 5 MI dan 36 SD. Dzakiyya Aqila Nasywa, seorang siswi kelas V adalah salah satu peserta dokcildari MI Maarif Al Falah Joyokusumo.

Tujuan diadakannya dokcil ini adalah membekali siswa dalam pengetahuan secara teoritis yang mengacu pada Trias UKS. Kemudian diharapkan peserta dokcil mampu menjadi teladan utama bagi siswa lainnya dalam menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Selain itu juga sebagai perwujudan program rutin TP UKS yang bersinergi seKecamatan Banjarnegara.

Pelatihan dokcil ini dilaksanakan selama dua hari, dari hari Senin s.d Selasa (29-30/8), dengan materi yang telah terjadwal dari panitia. Sebelum pelatihan dokcil ini dimulai, semua peserta dokcil mengikuti Pembukaan Pelatihan. Acara ini dibuka secara resmi oleh Camat Banjarnegara, Barijadi Jumpaedo dan beliau memberi pengarahan kepada semua peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan tertib dan ilmu yang diperoleh agar diamalkan di sekolah / madrasah masing – masing.

“Diharapkan semua peserta selain nanti mendapatkan pengetahuan tentang materi – materi dokter kecil seperti PHBS, Stunting, Kesehatan Gigi dan lain – lain. Namun perlu diperhatikan selain nanti siswa akan pandai secara akademik, jangan lupakan akhlak. Tetap jaga perilaku, karena banyak orang cerdas tapi tidak sedikit orang berakhlak,” tutur Edo, selaku camat Banjarnegara.

Sementara itu, ketua panitia Bambang Darmanto menyampaikan dalam laporannya bahwa pelaksanaan ini atas Kerjasama semua sekolah dan madrasah. Materi yang akan disampaikan telah terjadwal, dan Narasumber dari Puskesmas 1 & 2 oleh Dokter, Bidan dan Perawat.

Hari pertama ini, siswa mendapatkan materi mengenai Gizi dan Stunting oleh Pemateri Iva Haniva, PHBS Institusi Pendidikan oleh Yanuar Iskak, kemudian tentang Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Dilanjutkan sesi berikutnya materi UKS dan Kesehatan Gigi yang disampaikan oleh Dwi Endah. Kegiatan hari pertama dimulai dari jam 08.00 sampai dengan 13.30 WIB.

“Alhamdulillah, dengan keikutsertaan peserta didik kami di pelatihan dokcil semoga menambah pengetahuan, pengalaman sehingga nantinya bisa diterapkan di madrasah dan ditularkan kepada teman – teman di madrasah,” ungkap Wahyul selaku Kepala MI Maarif Al Falah Joyokusumo. (wk/rf)