Bekerjasama Dengan Puskemas Bawang 1, MA Tangho Laksanakan Skrining Kesehatan Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Kamis (15/12)  Tim dari Puskesmas Bawang 1 datang ke MA Tangho Banjarnegara untuk mengadakan skrining kesehatan yang diberi nama pos bindu PTM.  sasarannya  pada usia produktif yang meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar perut, pengukuran tekanan darah pemeriksaan gula darah dan anamnesa perilaku beresiko, Pos bindu  PTM singkatan dari Pos Binaan Terpadu penyakit tidak menular. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa dan siswi MA Tangho.

Wahono  selaku perwakilan Tim pos bindu dari puskesmas bawang 1 menjelaskan  terdapat lima petugas, setiap petugas mempunyai tanggung jawab masing-masing, ada yang bertugas dibagian pendaftaran, ada yang bertugas dibagian pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan anamnesa perilaku beresiko. Untuk pendaftaran, pengukuran  tinggi badan, berat badan dan lingkar perut di bantu oleh anggota PMR WIRA MA Tangho.

“Untuk alur kedatangan siswa yang pertama siswa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu nanti diberikan kertas yang berisi tes skrining meliputi identitas, pertanyaan tentang penyakit yang pernah diderita an pertanyaan tentang penyakit riwayat keluarga. Setiap siswa harus membawa focopy kartu  keluarga. Pos bindu PTM merupakan program dari pemerintah yang bertujuan untuk mendeteksi penyakit menular yang sasarannya pada usia produktif  sehingga kami adakan bergilir disetiap sekolah,”katanya.

Wulan selaku pembina ekstra PMR sangat mendukung kegiatan ini dengan adanya kegiatan Pos Bindu PTM memberikan efek positif  di lingkungan Madrasah. Sehingga bisa mengetahui hasil skrining kesehatan siswa-siswi MA Tangho. Apabila ada salah satu siswa yang terkena penyakit dapat ditangani dengan baik dan cepat.

“Sebagai pembina Ekstra PMR saya membantu jalannya kegiatan ini dengan cara mensosialisasikan kepada siswa siswi untuk mengikuti kegiatan Pos bindu PTM secara baik dan tertib dengan berkoordinasi bersama Anggota PMR WIRA MA Tangho,” imbuhnya

Tidak hanya siswa yang antusias mengikuti skrining kesehatan, para guru serta karyawan MA Tangho juga mengikuti kegiatan Pos Bindu PTM untuk  mengecek tekanan darah dan gula darah. (ma/rf)