Lagi, 19 Medali Mapel IPA Dari Ajang Scotrain Sains Fair Tergenggam Siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara–Selaras dengan salah satu misi MTs Negeri 1 Banjarnegara yaitu melaksanakan program bimbingan yang efektif dan optimal sehingga peserta didik dapat memiliki sikap tanggung jawab dan peduli, maka program bimbingan dalam rangka peningkatan prestasi madrasah terus digencarkan.

Sikap tanggung jawab dapat terus diupayakan melalui keaktifan siswa mengikuti berbagai kompetisi online yang pelaksanaannya dari rumah masing-masing. Mereka dilatih untuk mandiri dengan diberikan kepercayaan serta tanggung jawab untuk berkompetisi.

Misi madrasah tersebut terwujud dengan berhasilnya 19 siswa meraih medali dalam ajang Scotrain Sains Fair yang diselenggarakan oleh Science Olympiad Training pada akhir pekan kedua bulan Desember. Seperti yang dilaporkan oleh pembimbing siswa berprestasi pada Kamis (15/12) Madtsansa meraih 3 medali emas, 9 medali perak, 6 medali perunggu dan 1 contender.

Sumiyati, salah satu guru pembimbing prestasi mata pelajaran IPA menyampaikan bahwa mata pelajaran IPA terus memotivasi siswa bimbingannya untuk mengikuti kompetisi online terlebih di masa pasca PAS gasal yang notabene sudah tidak ada pembelajaran.

“Selain untuk melatih tanggung jawab dan meningkatkan capaian prestasi peserta didik madrasah, keikutsertaan siswa dalam kompetisi mapel online ini juga digunakan untuk memaksimalkan waktu pasca ulangan agar produktif,” ujar Sumiyati kepada tim warta madtsansa.

Senada dengan Sumiyati, Novia Fajriati Alqomar juga mengaminkan apa yang disampaikan.

“Pasca kegiatan penilaian akhir semester gasal ini, tentu anak-anak lebih punya banyak waktu luang. Jika tidak diarahkan untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang positif dan produktif maka bisa jadi mereka hanya akan bermain-main dengan handphone mereka. Akan sangat disayangkan bukan…?” terang Novia Fajriati Alqomar.

Sementara menurut Khalilul Fahmi Alfatimu, salah satu siswa peraih medali emas di ajang ini mengaku bersyukur dapat kembali mempersembahkan medali emas.

“Alhamdulillah, saya dapat meraih medali emas di ajang ini. Semoga saya akan dapat terus berpartisipasi diberbagai ajang kompetisi online. Terlebih ke depan sudah akan liburan, jadi bisa terus berprestasi sembari liburan.” Ujar Khalilul Fahmi Alfatimu yang juga ketua OSIM Madtsansa. (Fy/rf)