Belajar Demokrasi, MTs YMI Wonopringgo Gelar Pemilihan Ketua OSIS dengan Sistem MPK

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Madrasah Tsanawiyah (MTs) YMI Wonopringgo selenggarakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2023 dengan sistem Majelis Perwakilan Kelas. Pemilihan ini diadakan sesuai dengan tata cara seperti pemilihan presiden atau kepala daerah di Indonesia dengan pencoblosan secara langsung. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 5 Februari 2023 ini menggunakan prinsip demokrasi yaitu menggunakan hak yang dimiliki untuk memilih kandidat yang layak menjadi ketua dan wakil ketua OSIS.

Adapun yang mempunyai hak pilih adalah perwakilan 3 peserta didik setiap kelasnya, yakni Kelas VII, VIII dan IX berjumlah 72 siswa. Cara pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua ini dimulai pukul 07.30 WIB, dilaksanakan di halaman madrasah yang dipandu oleh Waka Kesiswaan Aprilianti  bersama Waka Humas Inayah  serta Pembina Osis M Ifrokhul Fuady

Dijelaskan Waka Humas, bahwa pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini cukup menarik, karena pada hari itu sebelum pencoblosan oleh masing-masing calon menyampaikan visi dan misi, tiga pasangan calon yang berkompetisi yaitu pasangan calon nomor 1 Yunji Aulia Okta Putri dan M. Hibban Mimamie, nomor 2 Binai Nuril Ka’bah dan Kahilah Shofaul Husna, paslon nomor 3 Caisar Ahmad dan Fadil Khairul Anam, melakukan orasi serta menyampaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan untuk 1 tahun kedepan dalam memimpin OSIS.

Hasil akhir dari pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS MTs YMI Wonopringgo dimenangkan oleh pasangan calon nomor 1 yaitu Yunji Aulia Okta Putri dan M. Hibban Himamie, dengan pemerolehan suara 44 sedangkan paslon nomor 2 Caisar Ahmad dan Fadil Khairul Anam memperoleh 17 suara, dan paslon nomor 3 Binai Nuril Ka’bah dan Kahilah Shofaul Husna memperoleh 11 suara.

“Semoga Yunji Aulia Okta Putri dan Hibban Himamie bisa menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang bertanggung jawab dan bisa bekerja sama untuk mewujudkan dan menjalankan program OSIS dengan lebih baik lagi. Juga bisa menjadi teladan atau contoh yang baik bagi siswa-siswi MTs YMI Wonopringgo,” harapnya. (MTb/bd)