Berbekal Pewangi Siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara Ciptakan Lilin Aroma

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Selasa (2/8) siswa kelas 8C MTs Negeri 1 Banjarnegara membuat sebuah karya yang dikerjakan secara berkelompok. Karya tersebut merupakan salah satu materi prakarya di kelas 8. Tri Rochani, guru prakarya kelas 8 MTs Negeri 1 Banjarnegara kali ini mengajari siswa membuat lilin aroma.

Bahan utama dalam pembuatan lilin aroma ini adalah lilin, pewangi pakaian, dan pewarna makanan. Sedangkan alat yang dibutuhkan yaitu cetakan, kompor, panci kecil, dan sumbu. Pertama, lilin dipotong-potong kemudian dilelehkan di panci yang dipanaskan di kompor. Lilin yang sudah leleh dimasukkan ke dalam wadah untuk dicampurkan dengan pewangi pakaian dan pewarna makanan.

“Lilin yang sudah tercampur dengan pewangi dan pewarna jangan lupa diaduk sampai warnanya merata. Ini akan susah merata apabila menggunakan pewarna yang serbuk. Tapi tidak apa-apa yang penting kalian aduk-aduk lilinnya sebelum dingin, karena jika dingin harus dilelehkan kembali,” jelas Tri Rochani.

Sakti, siswa kelas 8C bersama kelompoknya membuat lilin aroma ini dengan telaten. Berbagai bentuk cetakan dibawa siswa untuk membentuk lilin aroma ini. Ada yang berbentuk bunga, berbagai macam hewan, makanan, dan lain-lain.

“Cetakan kelompok kami ada dua, bentuk beruang dan bentuk es krim. Yang bentuk es krim kita buat 2 warna. Bawah warna putih dan atas warna orange. Proses membuatnya mudah ternyata yang penting alatnya lengkap.” Jelas Sakti.

Pengumpulan lilin aroma ini menunggu sampai lilinnya terbentuk. Kebanyakan siswa mengumpulkan setelah semua pembelajaran  selesai karena harus menunggu lilin bisa dicopot dari cetakan. Lilin yang sudah jadi langsung dikumpulkan di Tri Rochani untuk dinilai. (rin/ak/rf)