Berbondong-Bondong Keluarga Madtsansa Awali Pesantren Ramadan Bertema Tingkatkan Iman dan Takwa di Bulan Mulia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Mengawali kegiatan pesantren Ramadan keluarga besar MTs. Negeri 1 Banjarnegara semua berkumpul di masjid Darul Ulum pada Senin (3/4). Pesantren Ramadan ini merupakan kegiatan kerohanian guna meningkatkan iman dan takwa selama bulan suci ini. Jika biasanya pesantren Ramadan dilaksanakan sejak awal bulan, tahun ini baru dilaksanakan di minggu kedua. Hal tersebut karena pada awal Ramadan digunakan untuk pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas 9 dan Penilaian Tengah Semester kelas 7, 8. Kegiatan pesantren Ramadan ini sudah dirancang dengan matang oleh Abdul Majid, pembina keagamaan MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Tepat pukul setengah 8 semua siswa, guru, dan karyawan melaksanakan salat duha bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan tadarus Al-Quran dan zikir Asmaul Husna. Setelah kegiatan di masjid selesai semua siswa kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti rangkaian kegiatan berikutnya. Pesantren Ramadan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama digunakan untuk menampilkan penampilan kultum siswa. Didampingi oleh guru, dua siswa di masing-masing kelas menyampaikan materi kultum untuk dinilai.

Sesi pertama dilanjutkan dengan penyampaian materi dari guru kelas. Materi tersebut meliputi hal-hal yang berkaitan dengan puasa-puasa, terutama puasa Ramadan. Setelah sesi pertama ini siswa istirahat sebelum lanjut ke sesi dua.

“Di sesi dua ini guru yang masuk ke kelas berbeda dengan sesi pertama. Sesi kedua lebih fleksibel karena guru bebas menyampaikan materi apa saja asalkan masih berkaitan dengan peningkatan ikan dan takwa di pesantren Ramadan ini. Boleh dengan menyampaikan cerita penuh hikmah atau yang lainnya,” jelas Abdul Majid. (rin/ak/rf)