Bersatu Kepalkan Tangan Mewujudkan Merdeka Belajar di Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) ekonomi dan akuntansi tingkat Madrasah Aliyah (MA) se-eks Karesidenan Banyumas, menggelar kegiatan rutin MGMP Ekonomi  pada hari Rabu kemarin yang dilaksanakan di MAN 3 Banyumas (6/9).

Kegiatan tersebut menghadirkan nara sumber Fasda Ekonomi  Madrasah Kabupaten Banyumas , Sasi Welas Haryati, ME.  dan Fasda Ekonomi Kabupaten Cilacap, Ali Maskur, S.Pd serta Ketua Pengurus MGMP Ekonomi MA se-eks Karesidenan Banyumas Imam Heri Purnomo,M.Pd.

Dalam acara yang dihadiri oleh puluhan guru mata pelajaran Ekonomi dari berbagai MAN dan MAS se-Banyumas Raya ini, Sasi membawakan materi utama mengenai “Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Madrasah”. Materi tersebut mengupas tuntas konsep dan praktik penggunaan Kurikulum Merdeka yang menjadi perhatian utama dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam presentasinya, ia menjelaskan tentang pendekatan, prinsip, dan strategi dalam implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan madrasah. Termasuk kegiatan  gelar karya P5 dan P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin).   Sasi menceritakan  pengalamannya di MAN 1 Banyumas yang sudah menerapkan IKM di kelas X secara gamblang. Nara sumber lainnya, Inayah, S.Pd juga menyampaikan materi pentingnya  pengembangan kompetensi abad ke-21 pada peserta didik, seperti keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Selain itu, ia juga membahas tentang cara pemetaan  KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) yang benar, metode pembelajaran aktif dan inovatif yang dapat memfasilitasi pembentukan pola pikir yang lebih adaptif dan responsif terhadap perubahan terutama pentingnya penanaman nilai karakter bagi peserta didik.

Kegiatan MGMP ini juga memberikan ruang bagi para guru ekonomi MA untuk berdiskusi, bertukar pengalaman, serta berbagi strategi menghadapi tantangan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di madrasah masing-masing.

Ketua MGMP Ekonomi MA se-eks. Karesidenan Banyumas, Imam Heri Purnomo menyampaikan apresiasi atas antusiasme para peserta yang hadir dalam kegiatan ini, termasuk kehadiran 5 orang utusan guru ekonomi dari MAN 1 Banjarnegara dan MAN 2 Banjarnegara.

“Kegiatan MGMP Ekonomi seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru-guru ekonomi dan akuntansi se-eks Karesidenan Banyumas,  dengan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai implementasi Kurikulum Merdeka, diharapkan guru-guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tuntutan zaman,” jelasnya. (Ihp/bd)