Bimtek Tingkatkan Kompetensi Pendamping PPH dan Jumlah Sertifikasi Halal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Dalam rangka mensukseskan program 10juta sertifikasi halal, Jumat (10/2/2023) digelarlah kegiatan Bimtek Pendamping PPH di kampus UIN Walisongo.

Menurut Cholidah Hanum selaku Satgas Halal Kota Semarang, kegiatan tersebut diikuti oleh Pendamping PPH se-Jateng, yang sebagian merupakan Penyuluh Agama Islam di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Ia menuturkan, kegiatan dibuka langsung oleh Wagub Jateng. Selain itu, dalam acara pembukaan, hadir pula Kakanwil Kemenag Prov. Jateng yang dalam sambutannya menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dalam membantu pelayanan sertifikasi halal.

“Dalam sambutannya, Bapak Kakanwil menyampaikan kepada tamu undangan dan peserta kegiatan akan upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan oleh Kanwil Kemenag Prov. Jateng dalam mensukseskan program 10juta sertifikasi halal,” tutur Hanum.

“Upaya tersebut seperti, pembentukan Satgas Halal, bekerjasama dengan WHC UIN Walisongo, temu konsultasi di beberapa Kabupaten/Kota se-Jateng, koordinasi dengan instansi terkait, penugasan penyuluh untuk membantu sertifikasi halal selfdeclare, serta mewajibkan kantin madrasah bersertifikasi halal,” sambungnya.

Hanum mengatakan pula, dengan digelarnya Bimtek Pendamping PPH, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng berharap menjadi sarana peningkatan kompetensi Pendamping PPH dalam melaksanakan tugas pendampingan kepada pelaku usaha, serta menambah signifikansi sertifikasi halal di Jawa Tengah.

Kegiatan ini turut dihadiri Rektor UIN Walisongo, Direktur WHC UIN Walisongo, Sekretaris MUI Jateng dan Ketua Satgas Halal Prov. Jateng.(Hanum/NBA/bd)