Bimwin BRUS Sarana Menjaga Kesucian Remaja

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Jumat, (29/07/2022) sebanyak 40 siswa MAN 2 Brebes dan SMAN  Bumiayu mengikuti Bimbingan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah (BRUS) Angkatan 8 yang diselenggarakan oleh Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes  bertempat di Pendopo Eks Kawedanan Bumiayu.

Menurut Kasi Bimas Islam H.Nasokhidin tujuan Kegiatan BRUS ini bertujuan untuk memberikan wawasan pelajar agar tidak terpengaruhi dalam pergaualan bebas dan terburu-buru menikah pada usia dini. Dengan bimbingan ini dapat membuka cara pandang para pelajar untuk memahami dampak dan resiko dari pernikahan dini. Singkatnya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman kepada para remaja yang nantinya melangsungkan pernikahan sehingga terwujudnya keluarga Sakinah Mawadah Warahmah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H.Fajarin  dalam pembukaan dan arahan mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya pernikahan dini pada kalangan pelajar perlu dilakukan bimbingan pra nikah seperti ini. Pergaulan anak-anak remaja saat ini sudah tidak ada batas lagi. Maka dari itu pengawasan dan bimbingan menjadi kunci untuk menyelamatkan remaja kita pada jalan yang salah. Terlebih menghindarkan para remaja dari pernikahan dini karena kondisi yang tidak mereka inginkan.

Beliau mengharap kepada seluruh peserta agar menjadikan kegiatan ini menjadi bekal keilmuan yang berharga atau bermanfaat walaupun masih jauh menapaki jenjang pernikahan, akan tetapi dengan materi yang baik, tentang Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah, menjaga kesehatan dan reproduksi , pencegahan stunting dan pentingnya kesehatan ibu dan anak

“Islam mengajarkan hidup sehat dan baik dalam menjaga kelengkapan potensi  yang didalamnya salah satunya alat reproduksi  sehimgga dapat do,anafaatkan suati saat sesuai syaroat Saat ini yang paling penting bagi remaja adalah rajin belajar dan menuntut ilmu, mengikuti apa yang dianjurkan oleh pemerintah lewat guru ikuti dan taati serta dengarkan. Lebih lanjut, bagaimana remaja saat ini membangun diri, mempersiapkan diri untuk kemudian menjadi orang yang berguna, bermanfaat, berpengetahuan dan siap untuk membangun keluarga,” pesannya.

“Pentingnya menjaga kesehatan, kehormatan dan keselamatan baik dunia dan akhirat, serta siswa pentingnya menjaga kesucian diri, jaga keorsinilan baik sebagai seorang gadis maupun sebagai seorang perjaka,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Bimas Islam, seluruh staf seksi Bimas Islam Kemenag Kab. Brebes selaku panitia penyelenggara bimbingan pra nikah remaja usia sekolah di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Brebes Tahun Anggaran 2022.(hid/Sua)