Bina Lingkungan Merawat Kebersihan Tempat Ibadah Sarana Pendidikan Karakter Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Dalam rangka mengisi kegiataran akhir semester, para siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Wonosobo berpartisipasi aktif dalam kegiatan bina lingkungan dengan membersihkan masjid dan mushola di sekitar Madrasah.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa, (20/6), siswa-siswa MTsN 1 Wonosobo dengan antusias membersihkan masjid dan mushola di sekitar wilayah Madrasah dan sekitarnya. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan siswa sejumlah 60 orang, Guru Pendamping sejumlah 12, dan Takmir Masjid Setempat.

Seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok bertanggung jawab untuk membersihkan satu tempat ibadah. Adapun tempat ibadah yang dibersihkan yaitu tiga masjid dan satu mushola yaitu Masjid At-Taqwa Kalierang, Masjid Al Muhajirin Perumahan Tawangsari Indah, Masjid Mujahidin Penawangan dan Musholla Darussalam MTsN 1 Wonosobo.

Para siswa membersihkan lantai, membersihkan karpet, menyapu dan mengepel area, serta membersihkan perpustakaan masjid, membersihkan jendela dan pintu masjid dan mushola.

Kegiatan ini dikoordinatori oleh Maria Elita, selaku Waka Kesiswaan MTsN 1 Wonosobo. Dalam kesempatan tersebut ia menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan karakter siswa dan kreativitas peserta didik.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk silaturahmi dan cinta kebersihan, sebagai aplikasi siswa dalam annadhofatu minal iman,” kata Maria.

Meski tidak dapat membersama para siswa, Kepala Madrasah Mochamad Abdul Malik, mendukung kegiatan tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Miftahul Munip selaku tim media center MTsN 1 Wonosob, “Kepala Madrasah sedang dinas luar, namun beliau sangat mengapresiasi partisipasi siswa-siswa dalam kegiatan bina lingkungan ini.” tandasnya.

Dukungan serupa juga disampaikan Panut selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo, saat mengetahui adanya kegiatan tersebut. Diruangannya, (20/6) Panut menyampaikan mengapresiasi kegiata tersebut yang dianggap dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Wonosobo untuk melibatkan siswa dalam kegiatan bina lingkungan yang serupa.

“Dalam atmosfer semangat dan kebersamaan, siswa-siswa MTs N 1 Wonosobo telah menyelesaikan kegiatan akhir semester mereka dengan mengadakan bina lingkungan bersih-bersih masjid dan mushola. Mereka telah membuktikan bahwa melalui kerja sama dan kepedulian, kegiatan sederhana seperti ini dapat memberikan dampak positif yang besar dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik dan bersih,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan semakin banyak orang yang terinspirasi untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan dan kerapihan tempat ibadah serta lingkungan sekitar.(Miftahul Munip/Ps-ws/Sua)