Bu Lurah Jadi Pembina Upacara, Begini Pesan-Pesannya kepada Siswa MTsN 4 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Upacara bendera pada hari Senin, (16/1/2023), telah berlangsung di MTs Negeri 4 Banjarnegara, diikuti oleh seluruh siswa, dewan guru, dan tenaga kependidikan. Pagi itu upacara bendera dilaksanakan di halaman madrasah, namun tidak seperti biasanya, kali ini bertindak selaku pembina upacara adalah Kepala Desa Luwung, Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara. Pihak madrasah mengundang secara khusus Yulia Minarsih, Kepala Desa Luwung, sebagai pembina upacara.

Dalam amanatnya selaku pembina upacara, ada beberapa pesan yang disampaikan Kepala Desa kepada siswa-siswi MTsN 4 Banjarnegara. Pesan pertama adalah pentingnya menghormati guru, karena guru merupakan pengganti orang tua ketika siswa di madrasah.

“Guru adalah pengganti orang tua, kalau kalian menghormati orang tua, maka hormatilah gurumu juga. Lalu bagaimana cara menghormati guru? Caranya adalah dengan menyimak dan mendengarkan ketika guru kalian sedang mengajar atau menjelaskan materi pelajaran di kelas,” jelas Yulia Minarsih, Kepala Desa Luwung

Pesan kedua yang disampaikan oleh pembina upacara adalah bahwa para siswa perlu bersungguh-sungguh dalam belajar dan menimba ilmu.

“Kalau kalian sudah berniat sekolah dan menimba ilmu, kalian harus bersungguh-sungguh belajar, ingatlah orang tua kalian sudah bersusah payah membiayai sekolah kalian. Ketika kalian serius belajar, maka banyak ilmu baik umum maupun agama yang didapat sebagai pondasi kelak ketika terjun ke masyarakat,” ujar beliau lagi.

Berikutnya adalah pesan ketiga yaitu perlunya menjaga dan memelihara budaya Jawa, salah satunya dengan cara berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa yang baik, jangan sampai bahasa Jawa hilang tergantikan oleh bahasa lain.

Terakhir Ibu Kepala Desa berpesan agar para siswa senantiasa mendengarkan nasihat orang tua bila di rumah, dan mematuhi nasihat guru bila di sekolah. Serta tak lupa senantiasa berdoa kepada Allah SWT dalam merealisasikan cita-citanya.

Para peserta upacara antusias dalam mengikuti upacara pagi itu. Upacara pun berjalan lancar dan tertib, upacara selesai kurang lebih pukul 08.00 WIB.

“Alhamdulillah upacara berjalan lancar sesuai harapan, cuaca juga sangat mendukung,” ujar Sidik Wibowo Akhmad, Kepala MTsN 4 Banjarnegara usai upacara. (Khm/rf)