Buka Acara Persami, Farid : Aplikasikan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka Dalam Keseharian

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sabtu (21/5), bertempat di halaman madrasah, Gudep MTs Negeri 4 Banjarnegara mengadakan acara Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dalam rangka pelantikan Calon Dewan Penggalang (CDP) baru menggantikan Dewan Penggalang (DP) sebelumnya yang habis masa baktinya. Acara Persami dibuka oleh Kak Farid Alfarisi mewakili kepala madrasah yang kebetulan sedang menghadiri acara lain di Banjarnegara.

Upacara pembukaan Persami  diikuti oleh semua Calon Dewan Penggalang dan Dewan Penggalang, Kakak-kakak Pembina Pramuka Matsapabara, serta para alumni pendamping pembina Pramuka MTsN 4 Banjarnegara. Bertindak selaku pembina upacara adalah Farid Alfarisi, salah satu Pembina Pramuka Matsapabara, yang siang itu mewakili kepala madrasah yang sedianya akan membuka acara, namun kebetulan sedang menghadiri acara lain di Banjarnegara.  

Dalam amanatnya selaku pembina upacara, Farid menyampaikan pesan-pesan kepada para DP dan CDP untuk senantiasa menerapkan dan mengaplikasikan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari terutama saat kegiatan pembelajaran di madrasah, sehingga dapat menjadi contoh atau suri teladan yang baik bagi siswa-siswi yang lain terutama terkait dengan penegakan ketertiban dan kedisiplinan di madrasah.

“Sebagai anggota Pramuka terpilih, kalian harus bisa mengaplikasikan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam keseharian, tidak hanya saat kegiatan Pramuka saja, namun diterapkan juga utamanya saat kegiatan belajar di madrasah. Jadilah teladan bagi teman-teman lain dalam hal kedisiplinan,” ujar Farid dalam amanatnya.

Selanjutnya pembina upacara berpesan agar semua dapat mengikuti kegiatan Persami sesuai dengan aturan dan tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitia, sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan tertib, sukses, serta hasilnya maksimal dan memberi manfaat bagi madrasah.

“Ikuti kegiatan Persami dengan baik dan tertib sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh panitia atau kakak-kakak pembina,” ujarnya pula.

Selanjutnya acara dibuka oleh Farid Alfarisi dengan pembacaan basmalah .

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim, kegiatan Persami Pelantikan Calon Dewan Penggalang dinyatakan dibuka,” ucap Farid membuka acara.

Upacara pembukaan Persami berlangsung lancar siang itu dan berakhir sekitar pukul 13.30 WIB. Selanjutnya para peserta memasuki kelas-kelas untuk mengikuti sesi acara selanjutnya. (khm/ak/rf)