Buka Porsadin, Buru Atlit Berprestasi dari Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

“Semoga dengan diselenggarakan Porsadin ini  dapat menggali dan menumbuhkembangkan potensi prestasi santri dalam Olahraga, Seni Islami (Porsadin) di Madrasah Diniyah Takmiliyah sesuai bakat dan minat, juga membangun sinergi, ikatan silaturrahim antar Madrasah Diniyah se Kabupaten Banyumas,“ ucap KaKanKemenag Banyumas,  H. Aziz Muslim, SA.AG, M.Pd.I., saat membuka acara kegiatan Porsadin  tingkat kabupaten Banyumas yang digelar di komplek Madin Al Masda  desa Rancamaya Kecamatan Cilongok. Minggu, (19/06).

Hadir dalam pembukaan Porsadin Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas , Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas , Forkompincam , Kepala KUA Kecamatan Cilongok , Pengasuh PP Almasda Rancamaya KH. Achmad Mufartich, Ketua MWC NU Cilongok ,  DPC FKDT Kab Banyumas, DPAC FKDT di 27 Kecamatan serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan Porsadin tahun 2022 ini diikuti oleh 450 peserta dari 19 DPAC FKDT Kecamatan , dimana tujuan kegiatan ini adalah menjaring juara – juara untuk mewakili kabupaten Banyumas maju di tingkat provinsi diajang yang sama pada bulan November di Kudus.

Lebih lanjut dalam sambutannya Aziz Muslim menyampaikan bahwa eksistensi madin di NKRI sangat strategis apalagi diera digital yakni sebagai pilar utama penjaga moral bangsa, Peletak Pondasi dasar keimanan . dan menjadi agen moderasi beragama.

“Harapan kami dengan adanya Porsadin ini  dapat menjadi media silaturahim , komunikasi dan konsolidasi antar lembaga , kedua dapat menyalurkan bakat dan potensi santri sekaligus mencari bibit bibit atlet yg potensial baik cabang olah raga maupun seni , ketiga Porsadin sebagai media publikasi madin, dan keempat Porsadin sebagai media pembinaan dan pendidikan generasi muda,” jelasnya.

Aziz mengharapkan kepada semua peserta untuk terus menjunjung tinggi sportifitas dan terus berkarya dan berkompetisi secara fair play. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan akomodasi menuju Porsadin Tingkat Propinsi Jawa Tengah sebesar 10 juta  rupiah yang diserahkan oleh KaKan Kemenag Kabupaten Banyumas dan diterima oleh Kurtubi selaku Ketua DPC FKDT Kab Banyumas.

Sementara itu Kurtubi menyatakan bahwa hasil dari Porsadin ini akan diambil juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1,2, dan 3 . kafilah dari kecamatan yang mendapatkan point / skor kejuaraan terbanyak akan ditetapkan sebagai juara umum I, II, III . sedangkan untuk juara umum satu yang nantinya akan dikirim ketingkat provinsi mewakili Kabupaten Banyumas di Kudus,  terang ketua DPC FKDT Kabupaten Banyumas ini .

Hasil dari kejuaraan Porsadin tahun 2022 adalah sebagai berikut  juara umum 1 DPAC FKDT Cilongok , Juara umum 2 DPAC FKDT Kemranjen dan Juara umum 3 DPAC FKDT Karanglewas.(yud/Rf)