Buktikan Madrasah Unggul, Siswa MTsN 2 Sragen Juara LCC PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Siswa MTs Negeri 2 Sragen kembali mengukir prestasi dalam kompetisi tingkat SMP/MTs se-Karesidenan Surakarta. Ajang bergengsi bertajuk “SMAN1G Muslim Festival” ini mengantarkan Aulia Khoirunnisa, Musafira Walidatu Sholihah, dan Syifa Auliya Azzahro menjadi juara 1 Lomba Cerdas Cermat Islam (LCCI) pada Minggu, (18/06/2023).

Tak hanya juara LCC PAI, MTs N 2 juga meraih  juara 3 lomba khitobah. Kompetisi ini merupakan serangkaian kegiatan dari SMORIA (SMAN1G on Euphoria) 2.0 diselenggarakan oleh OSIS SMA Negeri 1 Gemolong. Setelah vakum tiga tahun efek Covid-19, SMORIA 2.0 hadir kembali dengan mengusung tema “Move Together, Grow Together, Shine Ever After”. Kompetisi “SMAN1G Muslim Festival” meliputi lomba cerdas cermat Islam, lomba khitobah dan lomba kaligrafi tingkat SMP/MTs se-Eks Karesidenan Surakarta.

Delegasi pada dua cabang  lomba, yaitu khitobah dan LCC telah menelurkan juara. Ghaida Nabila Fathi Amira meraih juara 3 lomba khitobah dan Lomba Cerdas Cermat Islam (LCCI) yang diwakili oleh Aulia Khoirunnisa, Musafira Walidatu Sholihah dan Syifa Auliya Azzahro meraih juara 1. Keempatnya merupakan siswa kelas VIII di MTsN 2 Sragen. Setelah melalui perjuangan panjang, akhirnya mereka berhasil mengalahkan rivalnya. Empat siswa kebanggaan madrasah ini pulang dengan membawa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Mereka telah membuktikan kemampuannya, khususnya di bidang agama.

Hal yang tak terbayangkan sebelumnya. Ghaida mengaku tidak berekspektasi dapat membawa pulang piala. “Saya tidak menyangka kalau menang. Dari 11 peserta yang tampil, semuanya bagus. Tapi alhamdulillah, saya dapat menyumbangkan piala untuk madrasah,” ucap Ghaida.

Hal yang sama diungkapkan oleh Aulia, Musafira dan Syifa. Mereka tidak menyangka dapat mengalahkan 9 tim rivalnya. Sebelum masuk final, tim LCCI mengerjakan serangkaian soal dalam babak penyisihan yang menyisakan tiga tim terunggul. Menurut Aulia, timnya tidak menyangka dapat lolos dari babak penyisihan bahkan menjadi juara 1. “Saya, Fira dan Syifa tidak menyangka lolos ke babak berikutnya, apalagi meraih juara 1. Kami sangat senang bisa menang,” kata Aulia.

Ketika ditanya mengenai persiapan lomba, keempat siswa yang saat ini duduk di kelas VIII serempak menjawab jika mereka banyak berlatih dan berdiskusi dengan guru pembimbing masing-masing. Tujuan mereka sama, yakni ingin mengharumkan nama MTsN 2 Sragen dan menambah deretan koleksi piala kejuaraan untuk madrasah tercinta.

Sementara itu, Plh. Kepala MTsN 2 Sragen, Drs. H. Sumarna, M.M menyambut gembira kemenangan empat siswanya. Sumarno mengatakan bahwa dengan keberhasilan Ghaida, Aulia, Musafira dan Syifa ini membuktikan eksistensi madrasah di berbagai ajang bergengsi. Khususnya dalam bidang agama mereka terbukti telah memetik buah dari ilmu yang mereka timba di madrasah ini.

“Saya bangga dengan keberhasilan mereka. Hal ini membuktikan jika siswa madrasah memiliki eksistensi lebih dari SMP. Besar harapan saya pada adik-adik kelasnya agar mengikuti jejak mereka sehingga lebih semangat untuk berprestasi,” papar Sumarno.

Semoga prestasi ini mampu memotivasi siswa lain untuk semangat dalam mengukir prestasi di masa mendatang dan mengharumkan nama madrasah.(zahra/Sua)