Bupati Dico, Buka MTQ Tingkat Kabupaten Kendal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX tingkat Kabupaten Kendal tahun 2022 resmi dibuka, Senin (30/5). Bertempat di aula MAN Kendal, Bupati Dico M. Ganinduto berkesempatan membuka ajang perlombaan yang ditunggu tunggu tersebut.

Sebagaimana disampaikan Ketua LPTQ Kabupaten Kendal, Sugiono dirinya bersyukur karena LPTQ kembali aktif setelah vakum selama 9 tahun. Dia berharap melalui berbagai kegiatan yang ada bisa menjaring dan membina bibit-bibit santri berprestasi di bidang hafalan dan tilawah Alquran. Sehingga bisa bersaing dengan santri lain di kancah provinsi maupun nasional.

“Setelah sembilan tahun vakum, Alhamdulillah di tahun 2022 ini LPTQ Kendal dibentuk lagi, semoga dengan adanya LPTQ ini, pembinaan bibit-bibit yang berpotensi bisa dioptimalkan lagi dan lebih diperhatikan, sehingga tidak diambil oleh daerah lain,” ujarnya.

Cabang lomba meliputi Tilawatil Qur’an kelompok anak, remaja dan dewasa. Cabang hafalan Al-Qur’an golongan 1 juz dan tilawah, serta golongan 5 juz dan tilawah. Cabang tafsir Al -Qur’an dan Cabang Seni Al -Qur’an.

Afifuddin, Kasi Bimas Islam Kemenag Kendal selaku Koordinator Dewan Hakim menambahkan, peserta dari Kabupaten Kendal pada beberapa penyelanggaraan terakhir ini belum masuk tiga besar tingkati provinsi. Maka dengan adanya LPTQ, diharapkan bisa meningkatkan prestasinya di tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

“Selama ini di tingkat Jawa Tengah baru sekedar partisipasi, belum masuk tiga besar, maka dengan adanya LPTQ, pembinaan bibit-bibit yang berpotensi bisa lebih massive,” harapnya.

Dalam sambutannya Bupati Kendal mengapresiasi pelaksanaan MTQ ini sebagai proses yang baik untuk memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh peserta perwakilan masing-masing kecamatan agar bisa berkontribusi dalam kegiatan ini.

“Tidak semua kabupaten melaksanakan proses seleksi, kebanyakan mereka hanya menunjuk perwakilan untuk maju ke tingkat Provinsi. Dengan MTQ tingkat kabupaten ini diharapkan kita bisa mendapatkan bibit bibit terbaik yang kedepan bisa mewaliki dan membanggakan Kendal ditingkat Provinsi maupun Nasional,” tutur Bupati Dico.

Diakhir sambutannya Bupati Dico juga menjanjikan adanya perhatian khusus bagi perwakilan Kabupaten Kendal. Tentunya hal ini menjadi pemicu semangat para peserta MTQ yang diperkirakan berjumlah 400 peserta. (bel/rf)