Manasik Haji Tingkat Kecamatan Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes-Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Brebes menggelar bimbingan manasik Haji Tingkat Kecamatan Brebes Tahun 1443 H/2022 M, dilaksanakan di Aula MTsN 2 Brebes selama empat hari, mulai Jumat- Senin, (27-30/5/2022).

Kegiatan dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Brebes Drs. H. Fajarin, M. Pd dan seluruh narasumber  yang di ikuti oleh Jamaah Calon Haji (JCH) sebanyak 82 orang yang berasal dari Kecamatan Brebes. 

Kepala Kantor Kemenag Brebes H. Fajarin mengucapkan Bimbingan Manasik Haji tingkat kecamatan pada tahun ini di bagi dalam 8 zona, yang pada hari ini serentak menjalankan bimbingan manasik haji per zona,  Zona 1 Brebes = 82 JCH,  Zona 2  Bulakamba = 81 JCH, Zona 3 Tanjung  = 56 JCH, Zona 4 Banjarharjo = 48 JCH, Zona 5 Kersana = 44 JCH, Zona 6 Larangan = 64  JCH, Zona 7 Bumiayu sebanyak 53 JCH dan Zona 8 Paguyangan = 64  JCH

H. Fajarin menjelaskan tujuan Bimbingan Manasik Haji ini  yang pertama agar calon jamaah calon haji mengetahui hak-haknya sebagai JCH, yang kedua jamaah calon haji agar mengetahui adat istiadat di Arab Saudi, yang ketiga jamaah calon haji mengetahui tentang menjaga kesehatan dan yang keempat memahami dan menguasai materin baik Manasik Umroh maupun Manasik Haji.

Harapannya setelah diadakan Bimbingan Manasik  ini, JCH mampu menguasai tata cara ibadah umroh dan ibadah haji sesuai dengan syariat dan sesuai dengan aturan pemerintah. “Sehingga sekembalinya ke Indonesia selepas melaksanakan ibadah di tanah haram dapat menjadi haji yang mabrur,” pungkas Fajarin.

Dalam manasik haji tingkat kecamatan JCH mendapat materi  hak dan kewajiban, akhlak jamaah dan budaya arab, pencegahan dan pengendalian penyakit, ibadah dan kegiatan selama penerbangan, teori dan praktik bimbingan manasik haji dan umrah.(Hid/Sua).