Calon Jamaah Haji Tambahan Dan Calon Jamaah Umroh Kab. Temanggung Lakukan Eazy Paspor

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Dengan adanya kuota tambahan jamaah calon Haji tahun 2023 M / 1444H, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung berupaya memberikan kemudahan pada layanan paspor bagi calon jamaah haji dan calon jamaah umroh bekerjasama dengan Kantor Imigrasi. Jamaah tak perlu lagi jauh-jauh ke Semarang untuk melakukan biometrik paspor karena kantor imigrasi kembali membuka pelayanan Eazy Paspor, dengan peserta 72 orang dengan rincinan 12 calon jamaah Haji kuota tambahan dan 50 orang calon jamaah Umroh. Kegiatan dilaksanakan di gedung PLHUT Kab. Temanggung, Jum’at (9/6).

Plt. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Temanggung, Hj. Maria Ulfah menyampaikan layanan Eazy Paspor menjadi jawaban kepada masyarakat utamanya calon jamaah haji yang terkendala jarak dan waktu sehingga pelaksanaan dengan sistem jemput bola tersebut sangat memudahkan jamaah.

“Layanan Eazy Paspor ini diberikan kepada calon jamaah haji maupun calon jamaah umroh yang ditetapkan berangkat tahun 2023 ini. Layanan ini diselenggarakan oleh kantor imigrasi, kami mengusulkan data ke sana sehingga pelaksanaan bisa dilakukan di kabupaten tanpa jamaah harus jauh jauh ke Wonosobo,” jelasnya.

Sebelumnya, Plt. Seksi PHU sudah melakukan verifikasi dokumen yang dibutuhkan untuk persyaratan permohonan paspor seperti KTP, KK dan akte lahir / akta nikah / ijazah. Verifikasi ini sendiri bertujuan untuk memastikan kelengkapan dokumen jamaah haji sehingga pada saat pembuatan paspor tidak ditemui kendala yang berarti. Adapun proses layanan diawali registrasi oleh permohonan paspor, kemudian verifikasi dokumen, wawancara, scanning berkas dan rekam biometrik.

Pada kesempatan ini petugas dari Imigrasi yaitu Yogi didampingi Panggasa yang melakukan Eazy Pasport, menyampaikan layanan Eazy Passport ini merupakan layanan jemput bola kantor Imigrasi untuk mempermudah para calon jamaah Haji / Umroh, sehingga tidak perlu datang ke kantor imigrasi untuk mengurus paspor.

Kegiatan Layanan ini merupakan inovasi Kantor Imigrasi bersinergi dengan Kementerian Agama dalam mempermudah jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.

“Kami bersama jajaran bertekad akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya calon jamaah Haji / Umroh maupun umroh Kab. Temanggung. Diharapkan juga dengan Eazy Paspor ini calon jamaah Haji / Umroh bisa terbantu dalam pengurus paspor karena  pelayanan diberikan dalam satu tempat,” tuturnya.(sr/rf)