Calon Jamaah Haji Termuda Wonosobo Berusia 20 Tahun

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Muhammad Ilham Firmansyah, pria berusia 20 tahun ini merupakan calon jemaah haji termuda asal Kabupaten Wonosobo yang berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci pada tahun 1444 H/ 2023 M.

Ilham (panggilan akrabnya), terbang melalui kloter 21 Embarkasi Solo, yang berangkat menunaikan ibadah haji bersama dengan kakak kandungnya, Faisal Arda yang berusia 33 tahun. Ilham mengungkapkan perasaan bahagianya sesaat setelah bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten ke 2 berakhir pada Minggu, (21/5) lalu.

“Alhamdulillah akhirnya bisa berangkat menunaikan ibadah Haji di usia 20 tahun ini,” ungkapnya saat ditemui tim media center Kankemenag Kab. Wonosobo.

Ilham mengatakan, saat usianya 9 tahun ibunya mendaftarkan namanya untuk menjalankan ibadah haji pada tahun 2012 dan menunggu 11 tahun,

“Dulu ibu saya yang daftarin haji pas saya usianya baru 9 tahun. Daftar haji dulu pas tahun 2012,” ungkapnya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh sang kakak, Faisal Arda. Meski keduanya berangkat haji bersama namun ibu nya telah tiada,

“Yang daftarin haji ibu. Alhamdulillah ibu juga sudah ber haji, namun sekarang sudah wafat,” tuturnya.

Muhammad Ilham Firmansyah lahir di Wonosobo, 19 Maret 2003, merupakan putra bungsu dari pasangan Hj. Sri Saadah dan H. Bahtiar Abidin. Sementara tiga saudara lainya yaitu Mila andaline (37), Faisal Arda (33), Defla Kartika (29), juga sudah mendaftar haji.

Ilham saat ini tengah merintis usaha dibidang kuliner yaitu Manaris Coffe and Eatery yang beralamat di Jl. Kyai Muntang No.30, Sruni, Jaraksari, Wonosobo.

Ilham juga pernah tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Sains Al Quran selama satu semester. Namun karena bisnis yang baru dirintisnya cukup menyita waktu, maka study nya untuk sementara tertunda.

“Tadinya sempet kuliah di UNSIQ baru semester 1. Karena banyak jadwal yang tabrakan sama bisnis karena ini masih baru juga, jadi lebih prioritas resto dulu,” imbuh Ilham yang mempunyai darah keturunan pembisnis retail dan jasa ratna kertas serta percetakan di Kabupaten Wonosobo.

Dalam kesempatan tersebut, Ilham, mengajak kepada seluruh umat muslim terutama muda-mudi di Wonosobo yang beragama Islam, untuk menyisikan sebagian uang sakunya atau pendapatannya untuk ditabung dan agar sedini mungkin mendaftar Haji.

Sebagai tambahan inforamasi, tahun ini Kabupaten Wonsoobo akan memberangkatkan sebanyak 647 Jamaah Calon Haji (CHJ) yang terbagi menjadi tiga kloter yaitu kloter 20,21 dan 22 yang dijadwalkan akan berangkat dari Wonosobo pada tanggal 29 s.d 30 Mei mendatang.(Ps-ws/Sua)