Calon Jemaah Haji 2024 Ikuti Manasik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang pada hari Senin (14/8/2023) menyelenggarakan kegiatan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Aula Kankemenag. Kegiatan diikuti oleh 100 orang calon jemaah haji tahun 2024. Kegiatan menghadirkan narasumber Plt. Bupati Pemalang, Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Pemalang, dan praktisi haji.

“Kebijakan penyelenggaraan ibadah haji sangat dinamis, sangat cepat perkembangannya. Tahun ini tidak ada pendamping bagi lansia begitupun rencana untuk tahun 2024. Kegiatan manasik haji sepanjang tahun diharapkan bisa memberikan informasi seputar penyelenggaraan ibadah haji kepada calon jemaah haji tahun 2024,” ujar Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Roziqun dalam sambutannya.

Terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, Roziqun menyebutkan Pemerintah Kabupaten Pemalang telah banyak membantu pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Kabupaten Pemalang. Untuk itu dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plt. Bupati Pemalang.

Senada dengan Roziqun, Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan Pemerintah Kabupaten Pemalang membantu penyediaan transportasi yang membawa jemaah haji Kabupaten Pemalang menuju ke Asrama Haji Donohudan dan pulang dari Asrama Haji Donohudan menuju Pemalang, termasuk konsumsinya.

Mansur menekankan pentingnya evaluasi pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 agar penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 lebih baik lagi.

“Semoga ada evaluasi atas penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023. Haji tahun 2023 jumlah jemaah lansia cukup banyak karena pada ibadah haji tahun 2022 ada pembatasan usia 65 tahun sehingga jemaah yang berusia di atas 65 tahun berangkat pada tahun 2023. Jika lansia tidak ada pendampingan, maka yang membantu mereka adalah teman sekamar. Jika yang mengurus teman sekamar maka tidak akan maksimal, karena mereka juga ingin beribadah dengan khusyuk. Kita memahami karena antrian sudah terlalu banyak, jika lansia berangkat bersama pendamping maka akan memakan porsi jemaah yang seharusnya berangkat,” kata Mansur.

Menurutnya secara keseluruhan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 sudah baik. Pemerintah sangat mendukung jemaah haji untuk bisa melaksanakan ibadah haji dengan nyaman. (fi/rf)