Canangkan Revitalisasi KUA, Kakankemenag Turun ke Lokasi Untuk Lakukan Kunjungan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) termasuk dalam program prioritas yang terus dilakukan Kemenag usai program tersebut digulirkan secara resmi oleh Menteri Agama (Menag) yaqut Cholil Qoumas pada 2021 yang lalu.

Turut wujudkan program prioritas tersebut, beberapa KUA dari 15 KUA yang ada di Kabupaten Wonosobo satu persatu mulai berbenah diri persiapkan revitalisasi, salah satunya yakni KUA Kecamatan Mojotengah.

Persiapan revitalisasi mendapat perhatian dari Kankemenag Kab. Wonosobo, yang mana pada hari Selasa, (30/08) kemarin, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, didampingi Kasi Bimas Islam, Imron Awaludin, lakukan kunjungan di KUA Kecamatan Mojotengah kesekian kalinya.

Disela kunjungannya Farid, menyampaikan bahwa dalam mewujudkan revitalisasi KUA  ada beberapa hal yang harus ditransformasikan, diantanya yaitu mengubah profil layanan KUA yang selama ini bersifat dokumentasi dan administrasi menjadi berorientasi pada kebutuhan masyarakat,

“KUA bukan hanya Kantor yang melayani pernikahan saja, tetapi sentra dari layanan keagamaan mencangkup bimbingan, layanan, konsultasi dan pendampingan persoalan keluarga dan keagamaan,” kata Farid.

Lebih lanjut ia katakan bahwa dalam revitaliasi KUA, KUA diminta lebih aktif dan responsive dalam melayani masyarakat, petugas juga dimina untuk hadir dan mau mendampingi masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi.

“Aktif dan responsive petugas diharapkan mampu merespon dan mendampingi masyarakat yang nantinya harus berorientasi hasil dalam arti yaitu tidak asal kerja. Dan yang terakhir yani petugas juga harus menjadi leading sector dalam membangun ketahanan keluarga di lingkup kecamatan,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa revitalisasi yagn tengah dicanangkan meliputi penyempurnaan pelayanan publik, transformasi digital dan capacity building terhadap petugas KUA.

Senda dengannya, Kasi Bimas islam, menuturkan bahwa Revitalisasi KUA harapanya memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat.

“Masyarakan yang berkunjung akan disambut oleh Satpam yang mengarahkan pelayanan, selanjutnya petugas Front Office akan melayani kebutuhan masyarakat. Dengan pelayanan yang maksimal, harapanya akan memberikan kepuasan bagi masyarakat,” kata Imron.

Hal lain juga dibahas di KUA, diantarnya terkait peristiwa nikah. Saat menerima kunjungan Kakankemenag Kab. Wonosobo, Yazid Widodo, selaku Kepala KUA Kecamatan Mojotengah menyampaikan bahwa dalam tahun ini tercatat ada lima ratus pasang yang melangsungkan pernikahan.(Ps-ws/Sua)