ASN Diajak Tingkatkan Produktivitas Kinerja

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Dalam gelaran apel pagi yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Rabu (31/8/2022), Abdul Ghafur Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAI) mengungkapkan rasa syukurnya telah menjadi bagian dari Kemenag. “Saya bersyukur dan merasa bangga telah menjadi keluarga besar Kemenag selama 28 tahun. Tidak mungkin saya menjadi petugas haji beberapa kali kalau bukan karena menjadi pegawai Kemenag. Saya juga tidak mungkin bisa berkenalan dan ngobrol dengan Kepala BIN (Badan Intelegen Negara) Daerah Jawa Tengah jika bukan karena sebagai pegawai Kemenag,” ujarnya selepas menerima Surat Keputusan Pensiun dari Kepala Kankemenag Kota Semarang.

Melalui kesempatan tersebut, ia mengajak kepada ASN di lingkungan kerjanya untuk meningkatkan kinerja. “Kemenag telah memberikan fasilitas banyak kepada kita, tetapi apakah kita sudah memberikan andil secara maksimal?” tanyanya secara retorik.

 “ASN hakikatnya seorang abdi negara dan pelayan masyarakat. Saya berpesan kepada ASN muda, tolong bekerja sebaik-baiknya karena kedepan menjadi ASN sungguh sangat sulit, bahkan infonya di masa yang akan datang Pemerintah hanya akan mengangkat PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang mana akan dilakukan pembaharuan kontraknya setiap 5 tahun,” tuturnya.

“Jaga marwah Kemenag. Sebagai pensiunan pun, saya juga akan tetap menjaga marwah Kemenag,” sambungnya.

“Pensiun adalah keniscayaan. Setiap ASN pasti akan mengalami pensiun, hanya tinggal menunggu waktu saja. Masa pensiun itu sudah pasti tanggal, bulan dan tahunnya, sehingga ASN harus siap menghadapi masa pensiun,” katanya.

“Hakikat pensiun hanya beralih fungsi tugas dari abdi negara dan pelayan masyarakat dalam institusi menjadi pelayan masyarakat di luar institusi. Tidak ada pensiunan kok tak berkegiatan. Kegiatan itu pasti ada, tinggal kita mau menciptakannya atau tidak,” ungkapnya.

Abdul Ghafur pun memohon doa restu dari keluarga Kemenag Kota Semarang agar selepas purna ia masih mampu memberikan kemanfaatan bagi keluarga, orang tua dan masyarakat. Tak lupa ia juga menyampaikan permohonan maaf atas kekhilafan baik dalam tugas kedinasan maupun perseorangan.

Ia juga menyampaikan pengharapan agar Kemenag Kota Semarang semakin gemilang. “Semoga Kemenag Kota Semarang dibawah komando Bapak Mukhlis Abdillah semakin maju, utamanya dalam upaya mewujudkan Zona Integritas (ZI). Semoga semua ASN Kemenag Kota Semarang juga dapat lulus dengan selamat, sehat dan sempurna,” pungkasnya yang diamini oleh seluruh peserta apel.(Arya/NBA/bd)