Cinta Indonesia, Para Guru dan Karyawan MTs Negeri 3 Banyumas Berkostum Adat Nusantara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banyumas (Umas)- Peringatan Hari Ulang Tahun KE-77 Republik Indonesia tahun 2022 ini berasa unik tapi khidmat. Dimulai dengan penyiapan pasukan yang terdiri kelas VII yang mengenakan seragam OSIM, kelas VIII mengenakan seragam khas siswa Madrasah, dan kelas IX yang mengenakan seragam Pramuka. Semua barisan terlihat rapih dan khidmat. Keunikan terkihat dari barisan khusus para pendidik dan tenaga kependidikan yang mengenakan seragam adat berbagai daerah, ada dari Aceh, Betawi, Jawa dan tentunya kostum kebanggaan Banyumas.

“Upacara HUT Proklamasi yang ke 77 Republik Indonesia ini, memang kami mengikuti petunjuk yang tertuang dalam surat dari kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas no: B.3572/kk.11.02/IKS.01.1/08/2022, yang antara lain berisi perintah untuk mengenakan pakaian adat sebagai wujud keberagaman yang ada di NKRI”, kata Syarif Hidayat, Kepala MTs Negeri 3 Banyumas saat ditemui tim liputan di ruang kerjanya pada Rabu (17/8/2022).

Bertepatan tahun 2022 adalah tahun toleransi, kebijakan ini menjadi sangat relevan diterapkan di dunia Pendidikan.

“Hal ini sangat baik, sehingga generasi kita tahu, bahwa negeri ini sangat kaya akan budaya, oleh karena itu para siswa diajak kepada pemahaman dan penghayatan terhadap pentingnya toleransi”, sambungnya.

Di dalam amanatnya, kepala madrasah menyampaikan pentingnya semangat kebersamaan dalam rangka memulihkan bangsa ini dari keterpurukan sebab pandemi covid-19, dan mengajak seluruh warga madrasah untuk bersama-sama agar dapat bangkit menjadi lebih kuat.

“Merdeka…merdeka…merdeka”, pekik kepala mdrasah yang ditirukan seluruh peserta upacara.
Pada kesempatan yang sama, wakil kepala urusan kesiswaan, Aji Mahardika, mengatakan momen ini adalah momen dimana para siswa diajak meresapi semangat patriotism dengan tujuan menggali dan mengembangkan karakter-karakter pejuang yang bertugas mengisi era mereka dengan hal-hal positif.

Pengembangan karakter itu tidak cukup di meja kelas, tapi harus digali melalui kegiatan seperti ekstra PASKIBRA yang hari ini berperan sangat baik sebagai petugas upacara.

“Bapak kepala Madrasah juga sangat mengapresiasi ketrampilan anak dalam memimpin jalannya upacara,” ungkapnya.

Upacara HUT ke 77 Republik Indonesia tahun 2022 ini, adalah manifestasi dari proyek pembelajaran pelajar Pancasila.

“Proyek Profil Pelajar Pancasila ini adalah sasaran antara untuk mengembangkan sikap nasionalisme para siswa,” ujar Amir Hidayat, wakil kepala urusan kurikulum.

Kekhidmatan upacara HUT Proklamasi kemerdekaan yang ke-77 Republik Indonesia tingkat MTs Negeri 3 Banyumas ini, ditutup dengan pembacaan puisi oleh kepala madrasah. Puisi dengan judul “Doa” adalah puisi karya Mustofa Bisri yang berisikan perenungan dan harapan-harapan agar bangsa Indonesia memiliki kemampuan bersaing dengan bangsa lain dan tetap dalam ridlo Alloh swt.

“Merdeka… merdeka… merdeka”, teriak kepala mdrasah yang ditirukan seluruh peserta upacara dan diakhiri riuhnya tepuk tangan peserta upacara,” tutupnya. (sy/rf).