Core Values ASN BerAKHLAK Menjadi Pondasi dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Pelayanan Masyarakat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

Magelang (Humas) – Kepala Bagian Tata Usaha Wahid Arbani memberikan materi pada kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi bagi ASN Kankemenag Kabupaten Magelang. Kegiatan tersebut diikuti oleh ASN Kankemenag Kab. Magelang terdiri dari Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Kaur Tata Usaha Madrasah, Penyuluh Agama Islam dan Tim Zona Integritas pada Kankemenag Kab. Magelang Rabu, (6/06/23) bertempat di Aula PLHUT Kankemenag Kabupaten Magelang.

Wahid Arbani menyampaikan bahwa Reformasi Birokrasi dibangun dalam upaya perbaikan layanan kepada masyarakat sehingga Implementasi ASN berAKHLAK menjadi core values dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

BerAKHLAK yang merupakan nilai-nilai dasar ASN memiliki definisi: Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Era disrupsi menjadi tantangan ASN khususnya dalam era penggunaan media digital dan media sosial dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga setiap ASN diharapkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi berorientasi kepada layanan,” ungkap Wahid Arbani.

Kabag TU menjelaskan bahwa birokrasi yang dibangun saat ini adalah birokrasi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat bukan birokrasi yg minta dilayani oleh masyarakat.

‚ÄúSebagai pelayan masyarakat, maka orientasi tugasnya memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsi,” tambahnya.

Maka dari itu, menurutnya perlunya implementasi core values ASN BerAKHLAK sebagai upaya dalam perbaikan dan peningkatan layanan kepada masyarakat.

Harapannya jika hal tersebut dapat diimplementasikan, maka reformasi birokrasi akan berjalan dengan baik dan dapat mewujudkan good governance dan clean government, yakni tata kelola kepemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa,” pungkasnya.(Ad/Sua/Rf)