DDWK: Pelatihan Publikasi Ilmiah Tingkatkan Kemampuan Guru Dalam Menulis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kegiatan Pelatihan Publikasi Ilmiah bagi guru madrasah wilayah kerja 4 di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Brebes  yang dibuka mulai Senin-Sabtu, (06-11/02/2023) bertempat di Aula MTsN 2 Brebes.

Acara yang akan berakhir dengan penyelesaian tugas menulis karya ilmiah sebagai syarat menerima piagam pelatihan.  Pelatihan Publikasi ilmiah ini di gagas oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang bekerjasama dengan kantor Kemenag Brebes, dengan melibatkan 35 orang guru di tingkat MI, MTs dan MA se-Kab.  Brebes.

Tujuan dari pelatihan ini sebagaimana yang diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Brebes, H. Fajarin mengatakan, yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menulis karya ilmiah yang nantinya bermanfaat untuk kenaikan pangkat.

“Banyak guru-guru kita yang terhalang naik pangkat karena belum mampu menulis karya ilmiah, Sehingga dengan adanya pelatihan ini ada guru kita yang bisa mencapai pangkat IV/d,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan panitia dari Balai Diklat Keagamaan Semarang Dewi Sri S., kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas diri guru sekaligus membiasakan guru untuk menulis.

Beberapa peserta Ali Masduki dan Karyu  mengungkapkan bahwa mereka menjadi termotivasi untuk menulis setelah mengikuti pelatihan ini selama 5 hari. “Banyak ilmu yang kami dapat, baik dari narasumber maupun dari peserta pelatihan,” ujar Ali masduki.

Lebih lanjut Ali Masduki mengatakan bahwa, “Semua peserta dinyatakan lulus pelatihan dengan syarat menyerahkan tugas penulisan karya ilmiah kepada panitia,” pungkasnya.(hid/Sua).