Diklat Jurnalistik Hadirkan Sejumlah Praktisi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Majalah Mutiara MTsN Surakarta 1 mengadakan Diklat Jurnalistik yang dilaksanakan pada Jumat-Sabtu (19-20/8/22). Acara ini secara resmi dibuka oleh Waka Sarpras, Bapak Drs. Kuncoro  di  Ruang Digital MTsN Surakarta 1.  “Kegiatan ini bertujuan untuk membekali 49 anggota ekskul Majalah Mutiara yang terdiri dari 27 jurnalis, 11 fotografer, dan 5 layouter,”papar Kuncoro.

Diklat ini menghadirkan Rini Yustiningsih (Pemateri Penulisan Berita),  Ranu Muda (Penulisan Artikel), Iriana Indrawati (Public Speaking), Fuad Muzakki (Fotografi), Arifin  (Videografi), dan Choirudin Abdullah (Layouter).

Saya menyampaikan materi jurnalistik dasar agar  teman-teman tahu jurnalis itu apa dan bagaimana cara menjadi seorang jurnalis. Kegiatan ini dapat memberikan bekal ke teman-teman sebelum bertugas di ekstra jurnalis, ” tutur Rini.

Setelah penyampaian materi tentang penulisan berita mereka akan praktik meliput peristiwa dan menulis berita. Sebelum praktik jurnalis diminta mempresentasikan tema yang akan mereka tulis, menentukan lokasi liputan dan narasumber yang akan diwawancarai. untuk mencari berita dan menyusunnya.

Pada hari pertama Diklat,  fotografer dibekali materi tentang teori dasar fotografi dan hari kedua praktik memotret dengan hunting foto di Pasar Burung Depok.Untuk peserta Diklat layouter dibekali materi cara menyusun dan mendesain tata letak layout majalah yang bagus secara visual dan benar secara kaidah.

    Hari kedua diklat,  menghadirkan Iriana Indrawati untuk materi Public Speaking.Selain  public speaking, Iriana juga menyampaikan  character building. “Seorang jurnalis no gabut, no baper, dan no nyerah,” tutur Iriana menyemangati peserta Diklat. Ranu Muda, Ketua Forum Lingkar Pena juga hadir mengisi materi penulisan artikel. Selain menerima materi peserta Diklat juga diminta praktik menulis artikel sederhana.

Peserta Diklat mengikuti kegiatan ini dengan semangat. “Seneng, seru, dan luar biasa. Dapat materi baru, pengalaman baru, dan teman baru. Semoga diklat ini membuat bakat saya semakin terasah,” ujar Najwa, Peserta Diklat.

Diklat Jurnalistik ditutup pada Sabtu (20/08/2022) pukul 15.00. “ Saya sangat bangga pada seluruh peserta diklat karena mengikuti kegiatan dengan semangat. Daru mulai pemberian materi hingga praktik semua dilakukan dengan semangat. Semoga Tim Jurnalis Mutiara dapat menjadi garda terdepan informasi di MTsN Surakarta 1,” harap Nurul Qomariyah, Kamad saat menutup Diklat. (Tim Jurnalis/ Diana/bd)