Dongeng Ceria, Cara Asyik Ajari Siswa Berakhlak Mulia dan Dermawan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – 2 Febuari 2023, seluruh siswa SDIT Bina Amal 02 berkumpul di lapangan sekolah. Mereka sengaja dikumpulkan untuk mengikuti acara Dongeng Ceria bersama Kak Dini Sweet dari lembaga Dongeng Ceria Management.

Dongeng ceria kali ini merupakan salah satu rentetan kegiatan yang diselenggarakan sekolah dalam rangka menyambut peringatan Isra’ Mi’raj yang puncaknya akan dilaksanakan pada 17 Febuari 2023 dengan mengadakan perlombaan untuk seluruh siswa-siswi SDIT Bina Amal 02.

Dongeng ceria diawali dengan pelantunan sholawat, dipimpin oleh suara merdu Mas Hasan dan Mas Eza yang merupakan siswa kelas 4b, dan diikuti oleh seluruh peserta didik yang hadir di lapangan. Beberapa saat kemudian, acara dibuka dengan bacaan kalam ilahi yang dibawakan oleh Mbak Sasa, siswi kelas 6A.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah, Ibu Maratul Qiptiyah, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kak Dini beserta tim yang sudah tiga kali membawakan cerita dalam kegiatan Dongeng Ceria di SDIT Bina Amal 02. “Terima kasih kepada Kak Dini dan Tim Dongeng Ceria, ini kali ketiga berkenan datang untuk mendongeng kepada anak-anak kami, sehingga membangkitkan imajinasi siswa melalui dongeng dan sekaligus mengajari anak-anak untuk berinfak kepada Villa Quran Yatim Seribu Pulau,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kak Dini mendongeng membawakan tema “Tegakan Sholat,  Wujudkan Pribadi Disiplin dan Mandiri”, bersama dengan tokoh Utin si orang utan. Cara mendongengnya yang ekspresif membuat semua siswa terbius dan larut dalam alur cerita yang dibawakannya. “Alhamdulillah anak-anakterlihat begitu antrusias mendengarkan donngen yang dibawakan Kak Dini dan Utin si orang utan. Jika ceritanya lucu, anak-anak ikut tertawa, karena Kak Dini dan Utin membawakannya dengan penuh ekspresif,” ujar Guru PAI SDIT Bina Amal 02.

“Begitu pula pada saat Kak Dini menceritakan tentang kisah Ahmad si anak solih ketika berada di pintu surga, mereka nampak menghayati dan ikut terharu akan kisahnya,” imbuhnya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan donasi dari siswa SDIT Bina Amal 02 kepada Tim Managemen Dongeng Ceria. “Dari kegiatan hari ini, allhamdulillah terkumpul  donasi yang sebanyak Rp6.153.500,- dan akan dipergunakan untuk pembangunan Villa Quran bagi anak yatim,” terang Ibu Maratul Qiptiyah.

“Harapannya dengan adanya acara dongeng seperti ini bisa menjadi cara asyik dan pas dalam  mendidik siswa menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi seorang yang dermawan,” tandasnya.(NBA/bd)