Dua Peserta Didik Metro Ikuti Seleksi Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Dua peserta didik MTs Negeri 2 Banjarnegara mengikuti seleksi Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tahun 2022 SMP/MTs di tingkat Kabupaten Tahun 2022. Seleski ini bertujuan untuk mengambil peserta untuk bisa maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Festival ini merupakan media apresiasi kepada para peserta didik program revitalisasi bahasa Jawa yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari sekolah/madrasah atau komunitas belajar di tingkat SMP/MTS, di Kabupaten Banjarnegara.

Festival ini melibatkan partisipasi guru pendamping, pegiat bahasa Jawa, dan pemerintah daerah melalui MGMP Bahasa Jawa. Selain itu, FTBI dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan toleransi kebinekaan di Indonesia.

Dua peserta didik dari MTs Negeri 2 Banjarnegara yang mewakili diambil dari kelas 7J Bernama  Diana Asih Saputri dan 8D diwakili oleh Ahmad Aji Nur Hakim. Dua peserta didik ini setiap hari dibimbing oleh guru Bahasa Jawa yaitu Ibu Vilia Erie Kusumawati.

Vilia Erie berharap peserta didik perwakilan dari MTs Negeri 2 Banjarnegara bisa masuk seleksi menuju ke Provinsi.“ Semoga dengan bimbingan kontinyu tiap hari peserta didik perwakilan dari MTs Negeri 2 Banjarnegara bisa mewakili kabupaten Banjarnegara ke tingkat provinsi,” ujar Vilia Erie di sela-sela bimbingannya Sabtu (10/09)

Harapan dari Waka Kesiswaan Nur Farida perwakilan kedua peserta dari MTs Negeri 2 Banjarnegara yang terpilih mengikuti seleksi nantinya bisa masuk ke dua cabang lomba yaitu Nembang Macapat dan Menulis Geguritan dan bisa menerapkan Bahasa daerah tersebut di jaman millennial sekarang ini.

“Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) diharapkan dapat memberikan akses bagi para partisipan umumnya dan khususnya peserta didik MTs Negeri 2 Banjarnegara, sehingga nantinya akan semakin bangga menggunakan bahasa daerah,” pungkas Waka Kesiswaan saat melihat bimbingan di Perpustakaan. (en/ak/rf)