Duta GenRe Putri MAN 2 Banjarnegara Raih Juara 2 Tingkat Kabupaten Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Duta Generasi Berencana (GenRe) Putri MAN 2 Banjarnegara Qonita Nailatun Najjah berhasil meraih juara 2 dalam ajang pemilihan duta GenRe tingkat Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kabupaten Banjarnegara pada Senin (31/1) di Pendopo Dipayudha Adigraha Banjarnegara.

Proses pemilihan duta GenRe dimulai dari seleksi tingkat sekolah dan kecamatan. Setelah berhasil menjadi wakil MAN 2 Banjarnegara, Qonita Nailatun Najjah juga lolos seleksi di tingkat kecamatan sehingga melaju ke tingkat kabupaten.

Di tingkat kabupaten, wakil dari MAN 2 Banjarnegara tersebut harus bersaing dengan 20 peserta lainnya. Dari 20 peserta tersebut diseleksi menjadi 10 besar, diseleksi lagi menjadi 5 besar. Qonita Nailatun Najjah atau sering disapa Qoni berhasil masuk 5 besar.

Untuk menentukan juaranya, para peserta dituntut menampilkan public speech dengan menjawab pertanyaan juri tentang implementasi program-program GenRre yang telah direncanakannya. Qoni yang aktif di Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 2 Banjarnegara ini mampu menjawab pertanyaan juri dengan baik dan Qonipun terpilih menjadi juara 2.

Walaupun akhirnya meraih juara 2, Qoni merasa sangat bersyukur. “Walau belum menjadi juara 1, saya sangat bersyukur karena dengan mengikuti duta GenRe banyak sekali pengalaman yang saya dapat.” Ujarnya.

Kepala MAN 2 Banjarnegara Ridlo Pramono mengapresiasi capaian prestasi yang diraih oleh Qoni. “Selamat dan terimakasih kepada ananda Qoni yang telah menjadi juara 2 duta GenRe Putri Tingkat Kabupaten Banjarnegara, semoga menjadi pengalaman berharga dan menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk mengukir prestasi.” Demikian kata beliau.

Beliau juga menyampaikan bahwa Duta GenRe merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan dan motivator bagi para remaja agar hidup sehat melalui edukasi kesehatan reproduksi, bahaya narkoba, seks bebas, dan HIV / AIDS. Pemilihan Duta GenRe dilakukan setiap tahun dan secara berjenjang dari tingkat kabupaten, provinsi dan tingkat nasional. (ns/aa/rf)