DWP Kankemenag Wonosobo Juara Harapan 3 Lomba B2SA Tingkat Kabupaten Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo (Humas) – Bahan makanan lokal ketika dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri. Demikian disampaikan Ketua DWP Kankemenag Kab. Wonosobo, Khotimah Panut, disela-sela gelaran lomba cipta menu pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Wonosobo tahun 2023 di Gedung Sasana Adipura Wonosobo, Rabu, (13/9).

“Setelah gerakan penanaman sayur mayur dipekarangan, kegiatan ini sangat menarik untuk mengedukasi masyarakat mengenai pola konsumsi pangan B2SA yang insyallah dapat meningkatkan kualitas konsumsi masyarakat kita kedepan dengan bahan utama bersumber dari bahan pangan lokal,” jelasn Panut.

Kegiatan lomba B2SA ini diinisaisi oleh Dinas Pangan, Pertanian, dan perikanan (Dispapekan) Kabupaten Wonosobo yang berkerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo. Kehadiran DWP Kankemenag Kab. Wonosobo dalam kegiatan ini tidak lain untuk menjalin sinergi dan berpartisipasi dalam kegiatan lintas sektoral sebagai peserta lomba.

Keikutsertaan DWP Kankemenag Kab. Wonosobo dengan nomor undi 16 tersebut berhasil membuahkan hasil. Selain hasil silaturahmi juga berhasil merebut juara harapan 3 bersaing dengan seluruh peserta lainnya, “alhamdulillah meski belum bisa juara 1, setidaknya kami ikut memboyong juara harapan 3. Semoga kedepannya ini menjadi inspirasi bagi kami untuk bisa mengadakan kegiatan serupa,” tandasnya.

Menurut Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dispaperkan Kab. Wonosobo, Istikomah menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut adalah menciptakan menu sehari-hari dengan sumber bahan pangan lokal dan sekitarnya untuk diolah menjadi masakan yang beragam dan bergizi seimbang seluruh usia.

“Bahan pangan lokal di Wonosobo cukup melimpah, mulai dari umbi umbian, serealia, sumberpangan karbohidrat, protein dan sayur itu sangat banyak. Jadi perlu sekali adanya edukasi pengolahan bahan baku lokal menjadi menu yang sarat gizi seimbang,” tandasnya.

Acara tersebut juga dihadiri ketua TP PKK Kabupaten Wonosobo, Dyah Afif Nurhidayat, dan Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, serta diikuti oleh 28 peserta lomba perwakilan lintas instansi diantaranya dari Bhayangkari Polres Wonosobo yang berhasil menyabet juara 1, DWP Bina Marga Wonosobo sebagai juara 2, TP PKK Kecamatan Leksono sebagai juara 3 dan lainnya.(Ps-ws/Sua)