DWP Kemenag Kota Semarang Ikuti Pelatihan Meracik Kopi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Sriwahyuningsih selaku Pengurus Bidang Ekonomi mewakili DWP Kankemenag Kota Semarang, Rabu (1/3/2023) mengikuti Pelatihan Meracik Kopi yang diselenggarakan oleh DWP Kota Semarang yang digelar di Aula Lantai 4 Gedung Perpustakaan Provinsi Jateng.

Sri, panggilan akrab wanita kelahiran Purworejo tersebut menuturkan, dalam pembukaan Ketua Pelaksana menyampaikan tujuan dari pelatihan yaitu agar peserta lebih mengenal tentang aneka jenis kopi, cara meracik kopi yang tepat, serta membuka peluang usaha dan mendorong berwiraswasta.

Menurut Sri, Ketua DWP Kota Semarang, Lies Iswar Aminuddin berkesempatan membuka secara langsung pelatihan, dan dalam sambutannya pun menyampaikan pentingnya Pelatihan Meracik Kopi karena memiliki peluang untuk meningkatkan kesejahteraan anggota DWP. “Ibu Ketua DWP Kota Semarang mengatakan, selaku anggota DWP tidak boleh ketinggalan dengan anak-anak muda milenial yang telah banyak membuka usaha kopi. Menurut Beliau, usaha kopi memiliki peluang tren ke depan,” ujar Sri.

“Kata Ibu Lies Iswar, sebagai ibu rumah tangga, dengan pelatihan ini diharapkan ibu-ibu memiliki keterampilan meracik kopi sehingga lebih disayang keluarga, lebih berhemat, dan bisa membuka peluang usaha,” lanjutnya.

Sri menerangkan, kegiatan diikuti oleh 80 peserta dari Unsur Pelaksana DWP se-Kota Semarang dan Pengurus DWP Kota Semarang.

Guna meningkatkan kemampuan peserta dalam meracik kopi, penyelenggara menghadirkan dua chef dari Oak Tree Hotel dan PO Hotel. “Kami dilatih langsung oleh profesional dari dua hotel kenamaan di Kota Semarang yaitu, Chef Sigit Budi Susila dari Oak tree hotel dan Chef Ana Yudha Dana dari PO Hotel,” katanya.

Ia berujar, pelatihan diawali dengan pembahasan sekilas tentang sejarah barista dan kopi, kemudian dilanjutkan dengan praktik membuat es kopi oreo, es kopi sirsak, dan kopi susu strawberi.(Sri/NBA/bd)