Eforia Petugas Upacara Bendera HGN 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Jumat (25/11/2022) merupakan Hari Guru Nasional (HGN) 2022. Menindaklanjuti SE Sekjen Kemenag RI, pada hari itu, Kankemenag Kota Semarang menggelar upacara bendera yang diikuti oleh ASN di lingkungan setempat.

Upacara Bendera memperingati HGN 2022, digelar di halaman kantor.

Sesuai arahan Kasubbag TU, seluruh petugas upacara adalah pengawas.

“Karena hari ini merupakan Hari Guru, maka kami tugaskan gurunya guru, yaitu para pengawas sebagai petugas upacara,” terang Rachmad Pamudji, Kasubbag TU selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya.

“Terima kasih atas kesediannya, dan luar biasa, upacara berjalan dengan sukses,” imbuhnya.

Kelegaan pun turut diungkapkan oleh petugas, selepas pelaksanaan upacara. “Alhamdulillah, akhirnya tugas terselesaikan dengan baik,” ungkap Amhal Kaefahmi selaku Komandan Upacara.

“Kemarin waktu latihan, beberapa kali saya sering keliru. Bukannya balik kanan, malah balik kiri, malu saya. Alhamdulillah setelah berlatih beberapa kali, akhirnya bisa juga,” ujarnya.

Hal serupa diungkapkan Tri Murdiyanti, salah satu petugas bendera. “Saya, bu Sriyati dan bu Nur Azizah kan sudah setengah baya ya, kok ya kedapatan tugas mengibarkan bendera. Betul-betul sepanjang pelaksanaan upacara rasanya tegang, ndredeg. Takut nanti jalannya ndak kompak, benderanya terbalik, pokoknya rasanya campur aduk. Begitu bendera berhasil dikibarkan, alhamdulillah….leganya luar biasa,” tuturnya yang disambut tawa oleh petugas lainnya.

“Kalau bukan karena Pak Kasubbag, kami-kami ini tidak memiliki kesempatan tampil dalam upacara. Luar biasa, terima kasih Pak Kasubbag. Meskipun awalnya dipaksa, ternyata tugas ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup kami,” katanya setengah berseru.

Ungkapan ini pun turut diamini oleh petugas lainnya seperti, Imron Rosyadi selaku perwira upacara, Mafruhatun selaku pembawa acara, Sadi selaku pembaca doa, Muhammad Sihabudin Lubis selaku ajudan, Sri Mulyati selaku dirigen, Ahmad Bisyri selaku pembaca pembukaan UUD 1945, Isro Miarsih dan Munfa’ati selaku komandan kompi.

Eforia petugas upacara pun mendapat apresiasi dari jajaran ASN Kemenag Kota Semarang. “Selamat, selamat. Pengawas hebat,” ucap Twianita Happy Silaning Utami, salah satu ASN Kemenag Kota Semarang, yang biasanya bertugas sebagai pengibar bendera dalam berbagai gelaran upacara di lingkungan setempat.

Hal senada juga disampaikan Oktanto Adi Murtono dan Arya Maulana, yang biasa menjadi patner Happy dalam pengibaran bendera.

Nova Budi Aristin, pegawai Subbag TU yang diberikan tugas untuk melakukan pendampingan dari mulai kegiatan gladi bersih hingga berakhirnya upacara, juga mengungkapkan hal yang serupa. “Bapak/Ibu pengawas memang luar biasa. Diberikan tugas dadakan langsung disanggupi, dan berhasil melaksanakan tugas dengan sempurna. Sekali lagi matur nuwun, dan selamat nggih Bapak/Ibu,” ucapnya.

“Sepertinya, untuk upacara-upacara yang akan datang, tim pengawas bisa dilanjut ini,” imbuhnya penuh tawa.

“Siap!” jawab Amhal penuh semangat.(Rus/Arya/NBA/bd)