Evaluasi Diri Madrasah (EDM), Tahapan Penting dalam Penjaminan Mutu Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – MTs.N 2 Magelang menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan madrasah, Rabu, 13/07/2022 di Aula Madrasah.

Kepala Madrasah, Solihah menyampaikan bahwa tujuan kegiatan EDM adalah untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap proses penyelenggaraan pendidikan yang telah berlangsung.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan salah satu instrumen strategis yang dapat digunakan oleh setiap satuan pendidikan madrasah untuk mengetahui kondisi objektif kekuatan dan kelemahan madrasah dalam konteks pencapaian standar mutu pendidikan.

“Evaluasi Diri Madrasah bertujuan untuk melihat proses penyelenggaraan pendidikan yang telah kami selenggarakan. Setiap tahun kami adakan evaluasi. Melalui kegiatan evaluasi, kami akan melihat kelemahan sekaligus mencari jalan keluar untuk menyempurnakan demi menjamin mutu madrasah, ” kata Solihah.

Obyek Evaluasi Diri Madrasah tersebut meliputi seluruh komponen madrasah baik tenaga pendidikan, proses pembelajaran, hingga sistem evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar didalam kelas.

Dalam kaitan tenaga kependidikan, evaluasi yang dilakukan adalah sejauh mana tingkat kesesuaian antara tenaga kependidikan dalam hal ini para guru dilihat dari gelar akademik yang dimiliki dengan kesesuaian mata pelajaran yang diampu di Madrasah tersebut. Selain itu masalah kelengkapan sarana prasarana juga menjadi objek evaluasi.

Hal lain yang tidak kalah penting dalam evaluasi adalah bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran guru di kelas. Seberapa jauh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran telah sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan.

Melalui Evaluasi Diri Madrasah diharapkan dapat terwujud pembelajaran yang bermutu membawa peserta didik berprestasi.

“Banyak poin yang kita evaluasi. Dari mulai tenaga pengajar, proses hingga sarana prasarana. Kita berharap melalui evaluasi ini madrasah akan lebih maju dan berprestasi, ” kata Imam Subarkah, Waka Humas. (KF/rf)