Falakiyah Goes To School MA Al Asror Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang, Lembaga Falakiyah NU kota Semarang mengadakan pelatihan ilmu falak bertajuk Falakiyah Goes to School di Madrasah Aliyah (MA) Al Asror Kota Semarang, pada hari Sabtu (17 September 2022).

Pelatihan ilmu falak ini diikuti 89 peserta didik seluruh kelas XII MA Al Asror Kota Semarang.

Kepala MA Al Asror, Slamet Hidayat menyambut baik pengenalan ilmu falak kepada peserta didiknya. Menurutnya ilmu falak merupakan salah satu ilmu penting yang harus ditingkatkan keberadaannya bagi umat muslim, karena sangat terkait dengan sah atau tidaknya ibadah yang dilakukan. “Ilmu falakiyah itu penting, semoga kedepannya materi yang disampaikan tidak hanya untuk penentuan arah kiblat dan waktu salat saja, tetapi juga penentuan hilal,’’ kata Slamet Hidayat.

Pengenalan ilmu falak kepada peserta didik madrasah merupakan bentuk sinergisitas dan kerja sama antara Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) dan Lembaga Pendidikan Maarif NU Kota Semarang. Kedua lembaga ini bertekad mengembangkan dan mengenalkan ilmu falak di kalangan pelajar di madrasah binaan Lembaga Pendidikan Maarif NU Kota Semarang.

Kegiatan tersebut dihadiri pula Ketua Lembaga Falakiyah NU Kota semarang, Muhammaf Shofa Mughtanim, yang dalam sambutannya mengimbau kepada peserta kegiatan untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. “Ilmu falak itu langka, sangat beruntung kita bisa belajar ilmu ini. Sebagai kader-kader NU, kalian yang akan meneruskan mempelajari ilmu falak ini,” tuturnya.

Ia menuturkan, fokus kajian pada pelatihan falak ini adalah cara penentuan arah kiblat dan waktu salat.

Dalam pelatihan tersebut, peserta dibagi dalam enam kelompok, masing-masing langsung praktik menghitung dan menentukan arah kiblat untuk wilayah Kota Semarang. Peserta juga langsung praktik membuat segitiga kiblat, metode penentuan arah kiblat paling praktis dan paling efektif. Pelatihan dilanjutkan dengan praktik menghitung awal waktu salat.

“Kami berharap pelatihan-pelatihan seperti ini bisa merambah ke kalangan yang lebih luas lagi dan ilmu falak semakin dikenal masyarakat,’’ kata Shofa.

Dia menjelaskan, pelatihan Falakiyah Goes to School akan rutin dilakukan setiap bulan di madrasah-madrasah NU se-Kota Semarang.(Anwar Rifa’i/NBA/bd)